Sukses

Pakai Foglamp Projector di Mobil saat Musim Hujan, Aman untuk Menerabas Banjir?

Posisi lampu foglamp projector yang cenderung di bagian bawah mobil tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri, misalkan apakah aman untuk menerabas banjir? Krisna membeberkan bahwa risiko terburuk jika foglamp terendam banjir adalah timbulnya embun.

Liputan6.com, Bandung - Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penerangan mobil agar bisa menyinari saat hujan di malam hari. Hal yang paling penting adalah mengecek kualitas mika lampu. Jika sudah terlihat kusam atau menguning, bisa dibuat kinclong dengan cara poles manual menggunakan cairan khusus atau nano burn coating ke bengkel terpercaya.

Jika mika lampu sudah bagus, namun penerangan kurang optimal, maka opsi selanjutnya mengganti bohlam menggunakan led atau langsung upgrade dengan lampu projector pada headlamp. Pilihan lainnya adalah menggunakan foglamp dengan lampu projector yang bisa diaktifkan saat dibutuhkan.

Menurut Krisna Adhi Surya selaku pemilik Autoretro Lumens Light, sinar yang dihasilkan foglamp projector bisa sangat membantu untuk menembus derasnya air hujan yang turun saat malam hari. 

"Sinar lampu foglamp projector sudah cukup memadai untuk menembus air hujan. Bahkan terangnya bisa mengalahkan lampu utama dalam kondisi standar. Foglamp projector tipe tertentu memiliki fitur high beam dan low beam," ungkap Krisna. 

Posisi Foglamp Aman untuk Menerabas Banjir?

Posisi lampu foglamp projector yang cenderung di bagian bawah mobil tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri, misalkan apakah aman untuk menerabas banjir? Krisna membeberkan bahwa risiko terburuk jika foglamp terendam banjir adalah timbulnya embun. 

"Kalau lampunya putus sih enggak, kemungkinan terburuknya saat terendam banjir adalah timbul embun. Kalau itu bisa kita hilangkam embunnya. Jika foglamp hanya sekedar terkena hujan deras sih aman," pungkas Krisna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Bikin Penerangan Lampu Mobil Lebih Optimal saat Musim Hujan

Hujan lebat yang sudah sering turun di Indonesia membuat para pengendara mobil harus menyiapkan kendaraannya secara optimal. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kondisi lampu agar tetap bisa melihat dengan jelas saat malam hari meskipun hujan turun.

Dengan kondisi lampu mobil yang optimal, jalanan masih bisa tetap terlihat meskipun hujan deras turun. Jika penerangan mobil dirasa kurang optimal, Anda bisa mengoptimalkannya dengan upgrade di sektor lampu utama.

Krisna Adhi Surya selaku pemilik Autoretro Lumens Light berbagi tips untuk pemilik mobil yang merasa kesulitan untuk melihat dengan jelas saat berkendara malam hari.

" Untuk persiapan musim hujan, kalau dari sisi penerangan kalau kita jalan malam dan gelap butuh penerangan yang baik, apalagi kalau hujan pasti jarak pandang kita lebih terbatas. Yang terpeting adalah kondisi lampu prima, jika lampu bawaan mobil terkadang kurang terang bisa di-upgrade," ungkap Krisna kepada Liputan6.com.

Menurut Krisna, upgrade pada lampu utama bisa melalui beberapa tahap. Hal paling sederhana dan paling mudah dilakukan adalah mengganti bohlam standar menjadi jenis LED. "Pilih bohlam LED dengan titik fokus yang bagus, penerangannya sudah cukup membantu jika dibandingkan dengan lampu standar," lanjut Krisna. 

Selain mengganti bohlam dengan jenis LED, opsi lainnya adalah modifikasi headlamp dengan memasang lampu projector. Lampu jenis ini dinilai lebih terang serta bisa menembus air hujan. Saat memutuskan untuk memasang lensa projector, pastikan kondisi mika lampu tidak kuning atau kusam. Kondisi mika yang kurang optimal bisa menghambat pencahayaan lampu.

Lampu projector pun bisa diatur ketinggiannya sedemikian rupa agar tidak menyilaukan pengguna jalan dari arah berlawanan. Pengaturannya dilakukan pada saat proses pemasangan. 

Menyoal harga, lampu projector dibanderol dengan harga yang cukup beragam tergantung dari spesifikasi dan juga lama garansi yang ditawarkan. Misalkan harga lampu projector Rp 2,5 juta memiliki garansi satu tahun. Sedangkan lampu projector dari harga Rp tiga jutaan hingga enam jutaan memiliki garansi dua tahun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini