Sukses

Liburan Telah Usai, Jangan Lupa Periksa Kaki-Kaki Mobil Kesayangan

Liburan akhir tahun telah usai. Namun, jangan lupa, bagi yang melakukan perjalanan jauh saat libur natal atau tahun baru, sebaiknya periksa dan rawat kendaraan kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir tahun telah usai. Namun, jangan lupa, bagi yang melakukan perjalanan jauh saat libur Natal atau tahun baru, sebaiknya periksa dan rawat kendaraan kesayangan agar performanya tetap terjaga ketika mobil hendak dipakai kembali.

Jalanan yang dilalui selama perjalanan panjang kerap membuat komponen parts kendaraan cepat aus seperti kondisi ban dan suspensi. Kondisi jalanan yang memiliki permukaan berbatu, berlubang akan membuat kondisi bagian komponen di atas cepat aus.

Jalanan bebatuan bisa membuat kondisi ban menjadi aus jika terdapat permukaan yang tajam dan dapat melukai dari kondisi ban, hal ini perlu diperhatikan ban tersebut apakah masih bisa digunakan atau perlu dilakukan penggantian.

Umumnya, bila kondisi ban yang terluka karena mengenai permukaan yang tajam lazimnya dapat dilakukan penggantian agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

Sementara kondisi suspensi bermasalah dapat terdeteksi dengan mengalami perubahan suara pada saat kendaraan berjalan. Perubahan ini bisa dari suara yang tidak normal dan dapat mengganggu pengendara saat menggunakan mobil.

Selain itu, gejala lainnya yang muncul seperti setir terasa bergetar, limbung dikecepatan tinggi sampai mobil sulit dikendalikan pada kecepatan rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suspensi

Dalam hal ini, suspensi perlu dilakukan pengecekan berkala agar dapat terdiagnosa komponen suspensi yang perlu diganti. Umumnya yang perlu dilakukan penggantian support shock breaker sudah aus, ball joint, Tie Rod, Bushing, Bearing, Link Stabilizer dan shock breaker rusak.

"Setelah liburan akhir tahun perlu dilakukan pengecekkan berkala dari dua komponen ban dan suspensi di bengkel resmi Astra Peugeot agar kondisi kendaraan prima saat digunakan sehari-harinya," terang Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/1/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.