Sukses

Cek Lima Hal Ini Jika Suara Mesin Mobil Kasar

Merawat mobil merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kualitas dan performa kendaraan. Namun, seringkali terjadi berbagai permasalahan di mesin mobil, salah satunya suara mesin mobil kasar.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tanda bahwa mesin mobil terawat dengan baik adalah ketika suara tarikannya terbilang halus. Maka dari itu, jika sudah terdengar kasar, kita perlu mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Sebab kalau permasalahan seperti itu dibiarkan saja, maka mesin mobil bisa mengalami kerusakan dan membutuhkan biaya banyak untuk memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa penyebab suara mesin mobil kasar menurut Suzuki Indonesia:

1. Kurang Oli pada Bagian Mesin

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab kasarnya suara mesin mobil yaitu karena ada masalah dengan pelumas atau oli mesinnya. Jika oli mesin sudah berkurang atau menurun kualitasnya, maka hal tersebut dapat berdampak pada performa oli yang menjadi kurang maksimal.

Padahal, oli memainkan peran sangat penting di sini dalam mencegah terjadinya gesekan berlebihan pada berbagai komponen mesin. Maka dari itu, ketika olinya kurang, maka dampak gesekannya pun akan menjadi semakin besar. Hal tersebut yang kemudian membuat mesin mobil menjadi bersuara kasar atau berisik.

Solusi untuk masalah ini yaitu segera lakukan penggantian oli mesin, jangan paksakan oli yang sudah tidak layak pakai tetap bekerja dengan hasil yang kurang maksimal.

2. Terjadi Masalah di Bagian Kompresor AC Mobil

Kedua, ada penyebab yang terbilang sangat umum dari kasarnya suara mesin mobil, yaitu karena adanya kerusakan atau permasalahan di bagian komponen prosesor AC mobil.

Masalah ini disebabkan karena berbagai hal, misalnya bagian kompresor yang mulai aus, kurangnya pelumas yang mendukung kinerja kompresor AC, atau karena adanya kotoran di bagian dalam kompresor yang bisa membuat kompresor tersumbat.

Untuk penyebab kedua ini, solusinya adalah dengan cara flushing dan melakukan pembongkaran terhadap komponen AC mobil. Dengan pembongkaran tersebut, maka kondisi detail di bagian dalam kompresor akan dengan mudah diketahui.

Kita bisa tahu bagian mana yang rusak dan separah apakah kerusakan tersebut. Namun, tentu saja tidak semua orang bisa memiliki kemampuan untuk melakukan pembongkaran ini.

Maka dari itu, jika kita tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, atau tidak punya waktu yang cukup untuk melakukan pembongkaran sendiri, bawalah mobil kita ke bengkel resmi terdekat supaya bisa mendapatkan tindakan yang tepat.

Dengan membawa mobil ke bengkel, maka kita bisa lebih mudah mengetahui masalah apa saja yang terjadi pada kompresor AC. Lalu, jika ternyata tidak ada masalah, kita juga bisa mencari tahu penyebab lain dari suara mesin mobil kasar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rusaknya Bagian Tali Kipas

Di dalam mesin mobil, terdapat salah satu komponen yang disebut dengan tali kipas, fungsinya adalah menghubungkan antara kompresor AC serta alternator, dengan bagian kipas radiator.

Jika tali ini mengalami masalah, maka tanda yang sangat mudah terasa yaitu dengan adanya suara bising dari mesin mobil.

Hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini yaitu karena kondisi permukaannya sudah mulai kering dan retak. Selain itu bisa juga karena kondisi tali yang memang sudah kendur dan tidak layak lagi untuk digunakan.

Ada cara sementara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan memberikan pelumas secukupnya di bagian tersebut. Namun, perlu diperhatikan dengan baik bahwa ini hanyalah solusi yang bersifat sementara, dapat dilakukan jika dalam kondisi terpaksa.

4. Katup Mesin Mulai Longgar

Suara mesin mobil kasar juga bisa disebabkan karena bagian katup mesinnya sudah tidak terlalu rapat atau bisa dibilang sudah mulai longgar. Pada kondisi normal, katup mesin biasanya memiliki ukuran sebesar 0,2 sampai 0,3 milimeter.

Namun, perlu kita ketahui bahwa seiring berjalannya pemakaian kendaraan, maka katup ini dengan sendirinya bisa menjadi semakin longgar.

Solusi untuk masalah ini yaitu dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk bagian katup mesin. kita perlu memastikan bahwa komponen ini masih berada dalam kondisi yang baik dan tertutup rapat.

Pemeriksaan ini juga rasanya sulit untuk dilakukan tanpa bantuan dari tenaga ahli, sehingga solusi terbaik adalah dengan membawa mobil kita ke bengkel terdekat.

5. Adanya Kerusakan di Bagian Bearing Mobil

Penyebab selanjutnya yaitu muncul dari komponen bearing mobil. Ketika komponen tersebut mengalami kerusakan, maka dapat menimbulkan suara mesin mobil kasar atau berisik.

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pemeriksaan bearing. Namun, komponen ini memiliki komposisi yang terbilang cukup rumit, serta jenisnya beragam sehingga sulit untuk ditangani oleh orang awam.

Maka dari itu, lakukan pemeriksaan ke bengkel supaya bisa mengetahui kerusakan secara lebih detail dan segera melakukan perbaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini