Sukses

Dominasi Ducati di Ajang Balap Motor Dunia Selama 2023

Ducati sukses mempertahankan superioritasnya di kancah balap motor dunia. Di tahun ini, pabrikan asal Italia tersebut sukses menjuarai beberapa ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Ducati sukses mempertahankan superioritasnya di kancah balap motor dunia. Di tahun ini, pabrikan asal Italia tersebut sukses menjuarai beberapa ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Di ajang WorldSBK (WSBK), Alvaro Bautista kembali menjadi juara bertahan bersama Panigale V4 R. Ducati juga menguasai kelas WSSP dengan pembalapnya Nicolò Bulega yang mengandalkan Panigale V2.

Sementara di ajang MotoGP, Fransesco Bagnaia bersama Desmosedici GP23 sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2023 setelah podium pertama di MotoGP Valencia 2023. Ini menjadi gelar juara dunia keduanya selama dua tahun berturut-turut.

Dan menariknya, pembalap yang akrab disapa Pecco itu memimpin klasemen akhir di atas dua rider Ducati lainnya yakni Jorge Martin (Prima Pramac) dan Marco Bezzecchi (VR46).

"Pecco menjalani musim yang luar biasa dan hari ini dia menulis ulang sejarah kami lagi, menjadi pebalap Ducati pertama yang menjadi Juara Dunia dua kali di MotoGP," ujar CEO Ducati Claudio Domenicali.

Ini menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Ducati karena belum ada pabrikan sepeda motor lain yang mampu memenangkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Konstruktor di MotoGP dan WorldSBK selama dua musim berturut-turut.

"Kepada semua wanita dan pria di Ducati dan Ducati Corse saya ingin mengatakan bahwa saya sangat bangga, sementara kepada Ducatisti saya berjanji bahwa kali ini kami tidak akan puas, tetapi kami akan bekerja untuk menang lagi," terang Domenicali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ducati Indonesia Mengapresiasi

Ducati Indonesia pun turut mengapresiasi pencapaian Ducati di ajang balap dunia di sepanjang tahun ini.

CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto mengatakan, performa Bagnaia sepanjang musim 2023 membuktikan bahwa murid Valentino Rossi tersebut memiliki mental juara sejati. Begitupun dengan Alvaro Bautista yang juga sukses meraih gelar juara dunia WorldSBK dua musim beruntun.

"Sepanjang musim ini, Bagnaia berkali-kali mendapatkan tekanan, namun ia selalu mampu membalikkan situasi sulit menjadi sebuah kemenangan dan perayaan besar bagi Ducati. Gelar juara ini adalah hasil yang sangat layak bagi Pecco dan seluruh keluarga Ducati di dunia," katanya.

"Gelar juara dunia dua musim beruntun di MotoGP dan WorldSBK ditambah titel juara WorldSSP menjadi kado terbaik bagi seluruh keluarga Ducati di dunia tak terkecuali penggemar Ducati dan Ducati enthusiast di Indonesia," tambah Jimmy Budhijanto.

Berikut ini dominasi Ducati dalam angka di musim balap 2023:

MotoGP:

17 – Kemenangan yang diraih pebalap Ducati di Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 – Rekor Sepanjang Masa di MotoGP

6 – Pembalap Ducati mampu memenangkan setidaknya satu balapan musim ini (Bagnaia, Bastianini, Bezzecchi, Di Giannantonio, Martin, Zarco) – Rekor sepanjang masa di MotoGP

9 – Balapan Kejuaraan Dunia MotoGP 2023 di mana podium seluruhnya terdiri dari pebalap Ducati - Rekor MotoGP

44 – Podium yang diraih pebalap Ducati selama musim 2023 untuk 8 pebalap berbeda (semua pebalap Ducati yang masuk di Kejuaraan MotoGP naik podium minimal satu kali dalam satu musim)

17 – Pole position yang diperoleh pebalap Ducati selama MotoGP 2023 musim4

6 – Balapan MotoGP berturut-turut di mana seorang pebalap Ducati menempati posisi 3 Besar (juga semua Balapan Sprint musim 2023 berakhir dengan setidaknya satu pebalap Ducati naik podium)

WorldSBK:

27 – Kemenangan diraih oleh Juara Dunia Alvaro Bautista di musim WorldSBK 2023 – Rekor Sepanjang Masa di WorldSBK

59 – Kemenangan keseluruhan Álvaro Bautista dengan Ducati Panigale V4 R di WorldSBK, menjadikannya pebalap tersukses dalam sejarah Superbike Ducati di depan legenda Carl Fogarty (55) dan Troy Bayliss (52) – Rekor Sepanjang Masa Ducati

45 – Podium yang diraih pebalap Ducati pada balapan Superbike World Championship 202379 - Kemenangan WorldSBK diraih Panigale V4 R dari musim debutnya (2019) hingga saat ini

WorldSSP:

16 – Kemenangan diraih Juara Dunia Nicolò Bulega di WorldSSP 2023 musim

33 – Podium diraih pebalap Ducati yang mengendarai Panigale V2 pada balapan World Supersport Championship 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini