Sukses

Taksi Otonom Hyundai Ioniq 5 Bakal Diproduksi di Singapura

Hyundai Motor Group Innovation Center Singapore (HMGICS) bakal merakit robotaxi EV atau taksi otonom Ioniq 5

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor Group Innovation Center Singapore (HMGICS) bakal merakit robotaxi EV atau taksi otonom berbasis Hyundai Ioniq 5. Kendaraan tersebut akan digunakan di pasar Las Vegas, Amerika Serkat (AS) di bawah perusahaan robotaxi Motional dan akan dimulai pada 2024.

Disitat dari Paultan, Jumat (24/11/2023), keputusan ini pertama kali dilaporkan pada 2021, dan Ioniq 5 dijadwalkan untuk uji coba taksi otonom dengan layanan ride-hailing Lyft pada 2023.

Robotaxi Ioniq 5 adalah salah satu kendaraan otonom Society of Automotive Engineers Level 4 pertama yang disertifikasi berdasarkan Standar Keamanan Kendaraan Bermotor Federal AS.

"Sertifikasi ini merupakan bukti program pengembangan dan pengujian kendaraan yang sangat menyeluruh, keamanan dan keandalannya, serta kecanggihan teknologi otonom," jelas Presiden dan CEO Motional karl Iagnemma.

Sementara itu, produksi taksi otonom Hyundai Ioniq 5 ini akan dilakukan di fasilitas yang terletak di Distrik Inovasi Jurong, HMGICS. Pembangunan pabrik tersebut, dibangun dengan biaya SGD$ 400 juta dan mulai beroperasi pada awal 2023.

Fasilitas perakitan tersebut, akan memproduksi 30 robotaxi pada 2023, dan 150 unit pada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Listrik Hyundai Ioniq 7 Mulai Diuji Coba

Hyundai dan Kia saat ini hampir menguasai segmen kendaraan listrik secara global. Bahkan pabrikan asal Korea Selatan ini telah mengembangkan platform E-GMP, yang kini menjadi basis untuk Ioniq 7 dan baru-baru ini terlihat telah diuji coba.

Disitat dari Rushlane, kemungkinan besar powertrain untuk Hyundai Ioniq 7 ini menggunakan jenis yang sama seperti Kia EV9 yang baru saja diluncurkan.

Mobil listrik Hyundai Ioniq 7 yang tertangkap kamera sedang diuji coba di Jerman. Model ini, merupakan tandingan dari Kia EV9, dan merupakan versi produksi dari konsep SUV listrik Hyundai SEVEN yang dipamerkan beberapa tahun lalu.

Versi produksi Hyundai Ioniq 7 ini, terlihat sangat menyimpang dari model konsep. Selain tidak adanya pintu geser di baris kedua, dan juga keseluruhan desain yang secara keseluruhan menjanjikan sebuah SUV berbentuk kotak.

Selain itu, spesifikasi produksi dari Hyundai Ioniq 7 menghadirkan nuansa MPV yang seolah-olah senada dengan sedan atau saloon Ioniq 6.

Jadi, model ini, mengingatkan kepada mobil keluarga seperti Stargazer dan Staria, dengan kap mesin pendek, dan pilar A cukup runcing.

Bukan hanya nuansa MPV, desain keseluruhan Hyundai Ioniq 7 ini terlihat berisi, yang bahkan tidak dimiliki konsep Hyundai SEVEN. Bahkan, Kia EV9 saja memiliki postur dan proposi SUV yang gagah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini