Sukses

5 Tips Mudah Penggunaan AC Mobil agar Konsumsi Bensin Tetap Irit

Pemakaian AC memang sudah jadi kebutuhan tersendiri bagi para pengguna mobil. Hanya saja penggunaan AC ini seringkali dianggap menjadi penyebab BBM boros. Padahal AC bisa membuat pengguna mobil merasa nyaman selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian AC memang sudah jadi kebutuhan tersendiri bagi para pengguna mobil. Hanya saja penggunaan AC ini seringkali dianggap menjadi penyebab BBM boros. Padahal AC bisa membuat pengguna mobil merasa nyaman selama perjalanan. 

Sebagian besar pengendara pasti akan menyalakan AC selama mobil melaju. Apalagi saat berkendara di tengah cuaca yang cukup panas. Mari cari tahu lebih jauh lagi apa sebenarnya pemakaian AC tersebut membuat BBM jadi lebih boros atau tidak. 

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba agar penggunaan AC ini tidak menguras bensin. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut menurut Suzuki Indonesia.

1. Atur Temperatur agar Tetap Stabil

Tips pertama, aturlah temperatur atau suhu AC mobil Anda agar tetap stabil. Tadi sudah disebutkan bahwa semakin rendah suhu AC yang Anda gunakan maka akan semakin membuat BBM boros. 

Oleh sebab itu solusi pertama yang bisa dicoba adalah atur agar temperatur AC tidak terlalu rendah. Jika Anda merasa suhu di dalam mobil sudah cukup dingin, maka naikkan saja temperaturnya. 

2. Gunakan AC Seperlunya

Pastikan untuk memakai AC mobil seperlunya saja demi mencegah BBM boros. Pakailah AC saat memang kondisi sedang panas dan kurang nyaman jika harus berkendara tanpa menggunakan AC. 

Jika Anda berkendara di tempat yang sejuk atau mungkin pada saat itu cuaca sedang dingin, maka pemakaian AC bisa dihindari. Daripada membuang energi dan konsumsi BBM untuk memakai AC, lebih baik buka saja kaca mobil Anda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Parkirkan Mobil di Tempat Teduh

Cobalah untuk membiasakan diri parkir di tempat-tempat yang teduh. Jika memungkinkan parkir di tempat teduh maka lakukan saja agar nantinya suhu di dalam kabin mobil tidak terlalu tinggi. 

Memarkirkan mobil di tempat teduh akan membuat Anda merasa jauh lebih nyaman saat masuk ke mobil untuk berkendara. Anda tidak perlu menyalakan AC dengan suhu paling rendah karena suhu di kabin tidak terlalu tinggi. 

4. Buka Kaca saat Baru Masuk ke Mobil

Banyak orang memilih langsung menyalakan AC di suhu terendah begitu masuk ke mobil. Tujuannya agar suasana kabin jadi sejuk lebih cepat. Padahal cara seperti ini tidak dibenarkan karena bisa menambah beban mesin. 

Lebih baik buka dulu kaca mobil Anda dan nyalakan AC di suhu yang normal. Tidak perlu menyalakan AC di suhu terendah agar bisa lebih hemat bahan bakar. Cara ini efektif untuk membuat kabin mobil lebih cepat dingin. 

5. Jangan Memaksakan Pemakaian AC

Pastikan Anda tidak memaksakan pemakaian AC apalagi saat bahan bakar mulai menipis. Banyak orang memilih untuk tetap menyalakan AC di suhu rendah padahal bahan bakar sudah hampir habis. 

Daripada memaksakan pemakaian AC dalam kondisi seperti ini, lebih baik buka dulu kaca mobil Anda. Tunggulah sampai Anda bisa melakukan pengisian bahan bakar baru nyalakan kembali AC di dalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini