Sukses

Begini Cara Korlantas Polri Menggalakkan Keselamatan Berkendara

Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menggelar Gebyar Keselamatan 2023 di Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Alam Sutera, Tangerang Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menggelar Gebyar Keselamatan 2023 di Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Alam Sutera, Tangerang Selatan, Sabtu (18/11/2023). Ini merupakan salah satu dari banyak cara Korlantas Polri dalam menggalakkan keselamatan berkendara.

Mengusung tema 'Bersaudara di Jalan – Sehati, Safety dan Presisi', gelaran ini turut mengundang sejumlah komunitas sepeda motor. 

Seperti diketahui, fatalitas kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Tanah Air masih sangat tinggi. Makanya perlu adanya sosialisasi berkelanjutan guna melindungi seluruh pengguna jalan.

“Gebyar Keselamatan menjadi upaya pemerintah, kepolisian untuk memastikan tingkat keselamatan dan kepatuhan berlalu lintas semakin tinggi,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat membuka acara di Tangerang Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Sebanyak 900 bikers yang tergabung dari beberapa komunitas yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS berpartisipasi. Berbagai aktivitas pun disuguhkan untuk semakin menguatkan penyampaian keselamatan berkendara.

Dimulai dengan pembacaan ikrar pelopor keselamatan dan penyematan pin kepada para biker. Kemudian coaching clinic yang menginformasikan para peserta agar dapat mengaplikasikan keselamatan berkendara yang benar dan tepat di jalan.

Tak ketinggalan demo safety riding langsung di trek yang telah disediakan sedemikian rupa. Bahkan para komunitas ditantang untuk mengimplementasikan dalam sesi praktek.

Guna semakin memeriahkan gelaran, para peserta pun ditantang untuk mendapatkan prestasi terbaik dalam pengaplikasian safety riding. Seluruhnya aktivitas disokong instruktur Korlantas yang berkompetensi.

Dukungan dari para brand sepeda motor di Tanah Air turut menyemarakkan gelaran. Baik Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki maupun TVS membuka booth dan memajang deretan produk andalannya. Ada pun barisan food truck yang menemani para peserta sepanjang acara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Mengingatkan

Lebih lanjut, melalui event ini Kakorlantas Polri berharap dan mengajak masyarakat untuk saling mengingatkan dan menjaga untuk menumbuhkan kesadaran akan keselamatan berkendara.

“Bersama-sama anggota Kepolisian lalu lintas di jalan, anggota masyarakat yang bergerak di atas roda di jalan, bisa menunjukkan satu kepatuhan dan kebutuhan bersama. Bahwa aturan lalu lintas dibuat untuk melindungi diri mereka sendiri,” ucap Firman.

Firman pun menambahkan, aktivitas ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang diadakan Korlantas.

Selain itu, spektrum bisa lebih masif sehingga dapat menjangkau lebih banyak dan berbagai lapisan pengendara. Gebyar Keselamatan 2023 sendiri akan berlanjut hingga 18 Desember 2023.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.