Sukses

Mobil Listrik Volvo EM90 Resmi Meluncur, Harga Tak Sampai Rp 2 Miliar

Volvo, merek mobil asal Swedia ini meluncurkan MPV elektrik EM90 yang memulai debut globalnya di Cina pada Minggu, (12/11).

Liputan6.com, Jakarta - Volvo, merek mobil asal Swedia ini meluncurkan mobil listrik EM90 yang memulai debut globalnya di Cina pada Minggu, (12/11).

Dilansir CarNewsChina, mobil listrik EM90 dibangun dengan platform SEA (Sustainable Experience Architecture) dari Geely yang memiliki dimensi panjang 5.206 mm, lebar 2.024mm, dan tinggi 1.859 mm dengan jarak sumbu roda 3.205 mm.

Dari samping, pilar A, B, C, dan D telah dihitamkan untuk menciptakan efek visual atap yang ditangguhkan, dipasangkan dengan pintu geser elektrik di kedua sisinya.

Pada bagian depan, wajah tanpa bingkai dihiasi dengan titik-titik matriks dan lampu depan Thor's Hammer yang menyerupai bentuk T, membuat mobil ini sangat mudah dikenali. Logo Volvo yang terletak di tengah juga dapat menyala.

Dalam hal fitur keselamatan, Volvo EM90 dilengkapi dengan 30 sensor termasuk delapan kamera, lima radar gelombang, dan 16 radar ultrasonik untuk mencapai kemampuan bantuan mengemudi tingkat lanjut level 2+, termasuk pengereman darurat aktif, lane departure warning, dan fatigue driving reminder.

Di dalam, hampir tidak ada tombol fisik di interior, fungsi-fungsi tersebut terintegrasi ke dalam panel instrumen 8 inci dan layar kontrol pusat mengambang 14,5 inci.

Sistem audio diwujudkan melalui 21 speaker Bowers & Wilkins, termasuk speaker yang terpasang di sandaran kepala kursi, dengan total daya 2.460W. Selain itu, interiornya juga dilengkapi dengan teknologi pemurnian udara aktif, yang diklaim dapat menghilangkan hingga 95% partikel PM2.5.

Diposisikan sebagai MPV menengah-besar yang mewah, Volvo EM90 mengadopsi tata letak enam tempat duduk 2+2+2. Kursi baris kedua memiliki kualitas gravitasi nol dengan ketebalan bantalan 120 mm dan dilengkapi dengan meja lipat, tempat gelas, sandaran kaki, pemanas, dan ventilasi. Kursi baris ketiga dilengkapi dengan tempat gelas dan port USB Type-C.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Baterai EM90

Powertrain terdiri dari motor sinkron magnet permanen 200 kW / 343 Nm belakang dan paket baterai lithium terner 116 kWh, memberikan daya jelajah CLTC sejauh 738 km. Kecepatan tertingginya adalah 180 km/jam dan waktu akselerasi 0-100 km/jam adalah 8,3 detik. Versi penggerak empat roda akan diluncurkan di masa mendatang. 

Dengan pengisian daya cepat, dibutuhkan waktu 28 menit untuk mengisi daya baterai dari 10% hingga 80%. Pada saat yang sama, mobil ini mendukung pembangkit listrik bergerak VtoL yang dapat digunakan sebagai pasokan listrik bergerak untuk mengisi daya barang-barang seperti peralatan.

Untuk masalah harga, EM90 mulai dijual di Cina dengan banderol 818 ribu yuan atau sekitar Rp 1,7 milyar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini