Sukses

Isuzu Memperkenalkan Truk Listrik Elf dan Giga Fuel Cell di Japan Mobility Show 2023

Isuzu turut memeriahkan Japan Mobility Show 2023

Liputan6.com, Tokyo - Isuzu turut hadir di gelaran pameran Japan Mobility Show (JMS) 2023.  Ajang adu inovasi dan teknologi antar pabrikan otomotif ini digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo selama 25 Oktober hingga 5 November 2023.

Isuzu memperkenalkan 3 truk, yaitu Giga Fuel Cell, truk listrik Elf, dan Elfmio. Isuzu Group yakin dengan menghadirkan alat transportasi yang ramah lingkungan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta pelestarian alam secara berkelanjutan. 

1. ISUZU GIGA FUEL CELL 

Hadir pertama kalinya ke publik di Japan Mobility Show 2023, Isuzu Giga Fuel Cell merupakan Truk heavy duty berbahan bakal sel (fuel cell) yang dikembangkan bersama Honda sejak 2020. Keduanya menggabungkan teknologi dan keahlian masing-masing untuk menghadirkan truk Isuzu yang ramah lingkungan. Isuzu menyiapkan platform truk, sedangkan Honda menyumbang sistem fuel cell-nya sebagai bahan bakar untuk menggerakkan powertrain.

Keduanya sepakat bahwa teknologi fuel cell berbahan bakar hidrogen, sanggup memberikan emisi karbon hingga titik nol (zero emission). Sehingga ideal untuk truk Isuzu yang dirancang tangguh dalam memboyong beban berat, dengan jarak tempuh yang jauh, serta jam operasional yang panjang. 

Isuzu menyebut truk Giga Fuel Cell yang ramah lingkungan ini masih dalam tahap pengujian di jalanan umum dan ditargetkan akan masuk ke pasar pada tahun 2027 mendatang. Selain ramah lingkungan, truk Isuzu Giga Fuel Cell juga sanggup meminimalkan kebisingan dan getaran. Sehingga dipercaya mampu mempercepat langkah menuju netralitas karbon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. ISUZU ELF EV

Selain Isuzu Giga Fuel Cell, tampil juga secara perdana Isuzu ELF EV. Isuzu ELF EV merupakan model pertama ELF elektrik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV), dengan menggunakan platform yang sama dengan ELF terbaru atau dikenal sebagai N-Series (full model change).

Disebutkan bahwa nantinya ELF EV akan dijual ke luar Jepang secara bertahap, dan menjadi opsi pilihan selain ELF bermesin diesel. Artinya, Isuzu telah siap menyongsong era elektrifikasi. Terlebih Isuzu ELF merupakan kendaraan niaga di segmen light duty yang populer diandalkan masyarakat.

3 dari 3 halaman

3. ISUZU ELFMIO

Selain Isuzu ELF EV, di booth Isuzu juga dihadirkan isuzu ELFmio. Model light-duty truck ini dirancang untuk mudah dikendarai oleh supir yang memiliki SIM standar Jepang. Inisiatif ini dilakukan Isuzu sebagai upaya memperluas kesempatan kerja sebagai pengemudi truk, sekaligus merespon terhadap kekurangan pengemudi truk di Jepang akibat angkatan kerja yang menua.

ELFmio dirancang dengan klail kabin ternyaman di kelasnya, termasuk kelegaan interior untuk pengemudi berpostur tinggi. ELFmio juga didesain mempunyal radius putar yang kecil sehingga memudahkan untuk bermanuver di jalanan sempit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.