Sukses

Mengenal 4 Kecanggihan Teknologi di Mobil Listrik Modern

Kupas tuntas soal mobil listrik, terkait dengan teknologi yang semakin canggih dan modern dari model bertenaga baterai ini

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik telah menjadi kendaraan yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup signifikan di Indonesia. Terlebih, dengan isu lingkungan yang menjadi fokus utama akhir-akhir ini, semakin membuat pemerintah mendorong peralihan penggunaan roda empat ramah lingkungan tersebut.

Hal itu juga yang membuat Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023, akan mengupas tuntas soal mobil listrik, terkait dengan teknologi yang semakin canggih dan modern dari model bertenaga baterai ini.

Berikut adalah beberapa teknologi mobil listrik yang semakin canggih dan modern versi forum IREIS 2023.

1. Baterai yang lebih efisien

Baterai adalah komponen yang paling penting pada mobil listrik. Semakin efisien baterai, maka semakin jauh jarak tempuh mobil listrik.

Saat ini, teknologi baterai mobil listrik terus berkembang pesat. Baterai lithium-ion yang digunakan pada mobil listrik saat ini sudah jauh lebih efisien dibandingkan dengan baterai nikel-cadmium yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama.

2. Motor listrik yang lebih bertenaga

Motor listrik adalah komponen lain yang penting pada mobil listrik. Motor listrik yang lebih bertenaga dapat membuat mobil listrik lebih cepat dan lebih responsif.

Saat ini, motor listrik yang digunakan pada mobil listrik sudah jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan motor listrik yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama.

3. Sistem pengisian daya yang lebih cepat

Sistem pengisian daya adalah komponen yang penting untuk mobil listrik. Sistem pengisian daya yang lebih cepat dapat membuat mobil listrik lebih mudah untuk diisi daya.

Saat ini, teknologi sistem pengisian daya mobil listrik terus berkembang pesat. Sistem pengisian daya cepat yang digunakan pada mobil listrik saat ini sudah jauh lebih cepat dibandingkan dengan sistem pengisian daya yang digunakan pada mobil listrik generasi pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Sistem kemudi yang lebih otonom

Sistem kemudi yang lebih otonom adalah salah satu teknologi mobil listrik yang paling canggih. Sistem kemudi otonom dapat membuat mobil listrik mengemudi sendiri tanpa perlu bantuan pengemudi manusia.

Saat ini, teknologi sistem kemudi otonom masih dalam tahap pengembangan. Namun, teknologi ini diharapkan dapat menjadi kenyataan dalam beberapa tahun ke depan.

"Mobil listrik menawarkan berbagai manfaat, seperti lebih hemat bahan bakar, tidak menghasilkan emisi gas buang dan lebih ramah lingkungan. Dengan semakin berkembangnya teknologi mobil listrik, maka mobil listrik akan menjadi semakin populer di masa depan," ungkap Lina, ketua penyelenggara IREIS 2023, dalam keterangan tertulisnya pada Senin (25/9/2023).

IREIS merupakan perhelatan yang digagas PT Shan Hai Map. Kegiatan ini bakal digelar pada 12 sampai 14 November 2023 di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.