Sukses

Volvo Buktikan Keringanan Setir Truknya dengan Eksperimen Menggunakan Hamster

Volvo melakukan eksperimen menggunakan hamster untuk menguji keringanan setir pada truknya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil berlomba-lomba untuk menunjukkan fitur-fitur yang disematkan pada mobilnya, mereka pun juga membuat eksperimen yang mungkin tidak akan terkira. Teknologi yang dibuat para produsen mobil ini berfungsi untuk memudahkan para penggunanya dalam menyetir kendaraan.

Tak hanya itu, teknologi tersebut juga membantu para pengguna untuk lebih aman dalam perjalanan.

Seperti yang dilakukan Volvo, dalam video Youtube yang diunggah, Volvo melakukan eksperimen menggunakan hamster untuk menguji keringanan setir pada truknya tersebut. Eksperimen ini dilakukan di sebuah tambang yang berada di daerah Los Tres Cunados, Spanyol. 

Di awal video terilhat bahwa setir pada truk Volvo tersebut dimodifikasi sedemikian rupa seperti tempat bermain hamster yang ada di kandangnya dan untuk si hamster tersebut mau menggerakan setirnya digunakan sebuah wortel untuk memancingnya.

Sesi eksperimen ini dipimpin Jan-Inge Svensson, salah satu teknisi dari volvo. Di awal pada saat eksperimen dimulai, semuanya berjalan lancar, hingga pada saat tanjakan situasi mulai tegang.

Truk Volvo yang disetir hamster ini menabrak sebuah batu yang lumayan besar hingga jatuh ke perairan, sontak semua tim termasuk sopir yang ada di dalam truk tersebut panik karena batu tersebut adalah sebuah penanda bahwa posisi truk sudah sangat mendekati jurang.

Untungnya, sang sopir bisa mengendalikan hamster tersebut untuk memutar setirnya hingga truk berjalan ke tengah kembali.

Di akhir video, truk Volvo berhasil ke garis finis yang sudah ditentukan dan semua tim yang bekerja sama dalam eksperimen itu bersorak gembira bahwa eksperimen yang dilakukan telah berhasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjualan Mobil Listrik Volvo Meningkat Pesat

Performa penjualan mobil listrik Volvo pada Mei 2023 mengalami peningkatan yang begitu signifikan. Dalam laporan yang diturunkan Insideevs, mereka menginformasikan produsen otomotif asal Swedia berhasil menjual sebanyak 60.398 unit.

Total yang dicapai tersebut, secara persentase meningkat sebesar 31 persen bila dibandingkan pada periode yang sama pada tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan rantai pasokan suku cadang yang telah berangsur normal.

Secara total, selama lima bulan pertama pada 2023, Volvo Cars berhasil menjual sebanyak 275.312 unit atau mengalami peningkatan 14 persen dari tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut tidak berhenti di situ saja, masih dari informasi tersebut mereka juga menyebutkan bahwa penjualan mobil listrik plug in mengalami peningkatan yang lebih pesat lagi.

Pada Mei 2023, Volvo Cars menjual sebanyak 23.967 unit plug in electric. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, pada periode tersebut penjualan mereka meningkat 55 persen dan hampir menguasai 40 persen penjualan yang mereka catatkan.

Sementara itu, penjualan mobil listrik murni juga mengalami peningkatan, di mana menurut data yang perusahaan rilis lonjakannya cukup besar yakni naik tiga kali lipat atau meningkat 196 persen menjadi 10.826 unit.

Berikut hasil pencapaian yang mereka catatkan untuk model listrik Recharge :

  • BEV : 10.826 unit dan pangsa pasar 17,9 persen
  • PHE : 13.141 unit dan pangsa pasar 21,8 persen
3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.