Sukses

MV Agusta Brutale 1000 RR Assen, Moge Edisi Terbatas dengan Power Brutal

MV Agusta menghadirkan Brutale 1000 RR Assen sebagai penghormatan kepada sejarah, pembalap, dan sebuah lintasan Cathedral of Speed atau lebih dikenal dengan Assen.

Liputan6.com, Jakarta - MV Agusta menghadirkan sebuah motor edisi khusus yang didedikasikan untuk memberi penghormatan kepada sejarah, pembalap, dan sebuah lintasan Cathedral of Speed atau lebih dikenal dengan Assen. 

Dia adalah MV Agusta Brutale 1000 RR Assen. Model ini hanya diproduksi 300 unit untuk seluruh dunia.

Brutale 1000 RR Assen dibuat di Italia untuk mengenang 35 kemenangan MV Agusta di Sirkuit yang dibangun pada 1955. Ia merupakan pabrikan Italia tersukses dalam sejarah balap, dan peringkat ketiga secara keseluruhan dalam hal kesuksesan di trek Belanda.

Nama-nama seperti John Surtees, Mike Hailwood, dan tentu saja Giacomo Agostini ialah pembalap legendaris tak terkalahkan dengan motor MV Agusta.

Meski hampir setengah abad berlalu sejak kemenangan terakhir pada 1976, daya tarik lintasan Belanda dan warisan MV Agusta tetap bertahan. Brutale 1000 RR Assen dibuat dengan cermat untuk menghormati hari-hari balapan paling gemilang.

Hanya 300 unit sepeda motor yang dibuat secara hand made, menciptakan edisi terbatas dan eksklusif. 

Pabrikan mengklaim Brutale 1000 RR Assen adalah karya seni sepeda motor. Menawarkan perpaduan gaya, performa, dan eksklusivitas kepada pengendara.

Terdapat penyempurnaan komponen untuk menunjukkan dirinya merupakan edisi terbatas Assen. Mulai dari emblem khusus, plakat, panel serat karbon, pelat samping aluminium, pelindung panas serat karbon untuk manifold buang, pelapis jok Alcantara biru, finishing khusus serta berbagai elemen gaya dan fungsional lainnya di area tangki.

Model Assen menonjolkan skema warna khas yang memadukan biru (Blu Nordico), perak (Argento Ago), dan emas, menciptakan tampilan elegan dan sporty. Dipadukan dengan beberapa bagian detail serta komponen teknis berkualitas tinggi.

Rangkanya dilengkapi pelat samping aluminium dan lengan ayun satu sisi berwarna perak, kontras dengan warna gelap teralis tabung baja. Joknya dibalut dengan bahan Alcantara berwarna biru, semakin menambah keunikan motor ini. Ditambah dengan tangki two-tone biru dan silver dengan finishing poles.

Sebagai bagian dari paket edisi khusus, disediakan Special Parts Kit yang mampu meningkatkan tenaga dan eksklusivitas sekaligus mengurangi bobot.

Mencakup pipa knalpot titanium Arrow yang elegan dengan unit kontrol khusus, tuas rem dan kopling mesin CNC hitam, penutup jok penumpang serat karbon, dan tutup bahan bakar aluminium dua warna emas dan hitam yang unik. Paket dilengkapi dengan cover sepeda motor dan sertifikat keaslian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Mesin dan Kaki-Kaki

Fondasi teknis Brutale 1000 RR Assen didasarkan pada Brutale 1000 RR versi 2023. Menampilkan beberapa pembaruan teknis, termasuk girboks elektronik untuk perpindahan gigi yang lebih mulus dan cepat berkat peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak.

Ditenagai mesin empat silinder segaris 998 cc berperforma tinggi dan sudah memenuhi standar Euro 5. Mampu menghasilkan tenaga 208 Hp pada 11.000 rpm dan 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Ia memiliki bobot kering hanya 183 kg.

Hal ini menghasilkan rasio power-to-weight sebesar 1:1 yang dihitung dari tenaga kuda per kilogram (diukur dengan berat keringnya).

Buat kaki-kakinya Brutale 1000 RR Assen dibekali suspensi hidrolik terbalik Öhlins Nix EC 43 mm dengan travel 120 mm. Belakangnya pakai Öhlins EC TTX dengan jarak main 120 mm.

Keduanya dikontrol dan diredam secara elektronik dengan pengaturan redaman kompresi dan rebound. Sementara suspensi depan memiliki fitur preload manual, bagian belakang dilengkapi dengan penyesuaian preload pegas yang dapat disesuaikan secara elektronik.

Tenaga pengereman dijamin dengan satu set cakram mengambang ganda di depan yang masing-masing berukuran 320 mm, sementara satu cakram baja berukuran 220 mm berada di belakang.

Cakram depan dijepit oleh satu set kaliper empat piston Brembo Stylema dengan master silinder Brembo radial di tuasnya. Bagian belakangnya juga Brembo, master rem PS13 dengan kaliper dua piston yang menangani tugas rem belakang.

Gerak kaki yang mewah tidak berhenti di situ, kedua rodanya pakai material serat karbon Rotobox dan dibuat dengan tenunan karbon biru yang indah. Hadir dengan ukuran 3,5 x 17 inci di depan dan 6 x 17 inci di belakang.

Pelek karbon ultra ringan tersebut dibalut dengan satu set ban berukuran 120/70 R17 dan 200/55 R17. Meski MV belum menyebutkan mereknya dalam lembar spesifikasi, dari gambarnya tampak Pirelli Diablo Supercorsa SPs.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini