Sukses

Jangan Sampai Terlewat, Perhatikan 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Ban menjadi salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen yang sangat penting, karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan berkendara. Dengan begitu, perlu adanya perawatan khusus untuk si karet bundar, agar performa mobil secara keseluruhan tetap terjaga.

Namun, tidak hanya soal perawatan, penggantian ban secara berkala juga penting. Pasalnya, jika ban sudah tidak layak digunakan, maka akan menimbulkan beberapa kendala ataupun kerugian.

Bagi pemilik roda empat, ada beberapa tanda dari ban mobil yang memang sudah waktunya untuk diganti, seperti disitat dari laman resmi Wuling:

Tapak Ban Menipis

Melihat tapak ban mobil, yang tak boleh di bawah ukuran 1/16 inchi. Tetapi jika Anda sering berkendara di jalanan yang permukaannya licin dan basah, disarankan tapak ban tak boleh lebih dalam dari 1/16 inchi.

Pengukuran tapak ban bisa dilakukan dengan menggunakan alat, namun Anda harus mengetahui cara membacanya. Maka sebaiknya Anda meminta mekanik ahli untuk memastikan ukuran tapak sebelum menggantinya.

Sering Kempes

Tekanan mobil juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa kondisi ban sudah harus diganti. Menandakannya mudah, cukup memerhatikan seberapa sering mengisi tekanan ban.

Bagian Luar Ban Retak-Retak

Tinggal di daerah dengan suhu yang tinggi dapat memengaruhi permukaan ban. Tapi tak semua pengendara mengetahuinya. Padahal hal tersebut bisa dihindari dengan rajin membersihkannya juga memberikan cairan khusus.

Kalau permukaan ban mobil sudah banyak yang retak-retak, Anda sebaiknya segera menggantinya untuk menghindari pecah ban ketika tengah berkendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengeluarkan Bunyi yang Berisik

Kebisingan ketika Anda sedang berkendara bisa menjadi salah satu tanda kalau ban mobil sudah harus diganti. Cara mengeceknya pun mudah, perhatikan ketika melintas di jalanan yang permukaannya mulus apakah ada suara bising yang terdengar.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah getaran yang ditimbulkan saat mobil melewati jalanan dengan permukaan mulus. Hal ini bisa menjadi tanda kalau ban mobil aus dan tapaknya tidak rata dengan demikian Anda disarankan untuk segera menggantinya.

Ban Sudah Berumur

Bila Anda memiliki mobil sudah cukup lama dan bannya tak pernah diganti, ini merupakan waktu yang tepat. Usia yang ideal untuk ban adalah 3 tahun, namun kembali lagi harus dilihat kondisinya.

Apabila sebelum tiga tahun kondisi ban sudah cukup parah seperti retak dan juga benjol-benjol, Anda tak perlu menunggunya hingga genap tiga tahun untuk menggantinya.

Jarak Tempuh Mobil

Jarak tempuh juga bisa menjadi acuan untuk Anda ganti ban mobil. Memang tak secara spesifik disebutkan, namun untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan di jalan, sebaiknya ban mobil diganti ketika sudah melampaui 40.000 km.

Jika pemakaian wajar mobil 15.000 km per tahun, berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini