Sukses

Modifikasi Mitsubishi Delica D:5 Bergaya Rally, Bikin Pangling

Selain menurunkan generasi terbaru Mitsubishi Triton pada ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023, pabrikan asal Jepang ini juga bakal menampilkan Delica D:5, sebuah MPV keluarga yang telah dimodifikasi untuk menjadi mobil pendukung Tim Mitsubishi Ralliart selama gelaran balap tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Selain menurunkan generasi terbaru Mitsubishi Triton pada ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023, pabrikan asal Jepang ini juga bakal menampilkan Delica D:5, sebuah MPV keluarga yang telah dimodifikasi untuk menjadi mobil pendukung Tim Mitsubishi Ralliart selama gelaran balap tersebut.

Bicara soal penampilannya, mobil yang ditujukan untuk mengakomodir anggota keluarga ini telah mengalami modifikasi yang lebih berani. Pada bagian eksterior, modifikasi ini menggunakan livery yang dibuat serupa dengan Mitsubishi Triton yang akan digeber oleh Rifat Sungkar pada ajang AXCR 2023.

Beberapa ubahan yang telah disematkan di antaranya meliputi penggunaan velg Work berbahan alumuniu yang dibalut dengan ban off-road dari Yokohama, di mana hal ini juga memiliki keunggulan dari sisi on-road ataupun off-road.

Di samping itu, Mitsubishi juga telah membekali Delica D:5 dengan tambahan aksesori berupa roof rack untuk mengakomodir semua peralatan yang dibutuhkan oleh tim sepanjang kompetisi AXCR berlangsung.

Untuk memberikan kemampuannya dalam menemani Triton menjelajah dari Thailand menuju Laos, Mitsubishi Delica D:5 telah mendapatkan pengembangan di sektor suspensi depan dan belakang yang langsung disetting oleh JAOS untuk menerjang medan yang cukup berat.

Secara spesifikasi, pabrikan tidak menyebutkan perihal modifikasi pada jantung mekanisnya. Namun, di atas kertas model tersebut dibekali mesin 2.2 liter MIVEC turbo-diesel yang mampu menghasilkan tenaga 175 tk dengan torsi puncak 380 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan keempat rodanya dan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan. Model ini pun juga telah dibekali dengan dua fitur pendukung, seperti lock differential dan sistem penggerak 4WD yang dikontrol secara elektronik sehingga mampu meningkatkan traksi pada medan yang sulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengintip Spesifikasi Land Cruiser 200 Tunggangan Julian Johan di AXCR 2023

Julian Johan menjadi pembalap Indonesia pertama yang menggunakan Land Cruiser 200 atau LX570 dalam ajang kompetisi bertaraf internasional.

Jeje akan bertarung di kelas T1G yang diisi mobil-mobil bermesin bensin dengan sistem penggerak 4x4. Toyota Land Cruiser 200 tunggangannya pun telah dipersiapkan dengan matang dan dimodifikasi agar sesuai dengan regulasi AXCR 2023.

Pada eksterior, penyesuaian dilakukan pada body, bumper dan wide fender, menggunakan bahan karbon dan polycarbonate untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari bobot aslinya.

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.

Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.

Spesifikasi mesin Land Cruiser 200 menggunakan jantung mekanis V8 3UR-FE 5700cc yang menggunakan oli Motul 300V ini memiliki internal berbahan forged dengan full exhaust system.

Perlu diketahui mesin 3UR-FE ini merupakan tipe mesin tertinggi di seri 200 dan mesin standar Land Cruiser 200 versi Amerika serta mesin Lexus LX570 yang merupakan saudara kembar dari Land Cruiser 200.

Begitupun sektor kaki-kaki yang menjadi tumpuan utama untuk menerjang segala medan di kompetisi Asia Cross Country Rally, Jeje, menjelaskan bahwa untuk menopang performanya tersebut, ia telah melakukan penggantian part agar kemampuannya lebih maksimal.

"Land Cruiser 2022 telah dibekali sistem suspensi, Toyota Tundra dengan arm Total Chaos Fabrication yang dikawinkan dengan shockbreaker King Shocks," katanya.

Perihal penggunaan ban, melihat medan yang bakal ia lewati begitu ekstrem, maka ia mempercayakan kemampuan dari ban BFGoodrich K02 & KM3 dengan ukuran 285/70 ring 17 serta velg Braid Wheels Dakar berukuran 17x8.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini