Sukses

Gagahnya Pindad Maung 4x4, Kendaraan Taktis yang Diuji Coba Prabowo Bersama Jokowi: Ada Konsol Senjatanya

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick tohir bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguji kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad.

Liputan6.com, Malang - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick tohir bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguji kendaraan taktis Maung buatan PT Pindad. Uji coba yang dilakukan di Kompleks PT Pindad, Malang, itu juga sebagai kunjungan Jokowi meninjau produksi alat utama sistem senjata (alutsista) dan juga potensi ekspor dari produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

PT Pindad yang banyak memproduksi kendaraan-kendaraan tempur yang dapat memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional seperti tank dan juga alat tempur lainnya. Perusahaan ini juga meluncurkan sebuah kendaraan operasional yang terlihat gagah yang mereka sebut dengan Pindad Maung 4x4.

Kendaraan yang dapat dikendarai di segala medan ini hadir dengan mesin diesel 4 silinder turbocharged enam percepatan, tenaga yang dikeluarkan sebesar 136 hp. Pindad Maung sanggup berakselerasi hingga 120km/jam dengan jarak tempur yang bisa dicapai adalah 800 km.

Menurut laman resmi Pindad.com, Selasa (25/7/2024), kendaraan taktis ini memiliki dimensi yang cukup gagah dengan panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820mm, dan jarak sumbu roda 3.090 mm. Gagahnya kendaraan ini juga ditopang dengan penggunaan velg berukuran 17 inchi dengan balutan ban berkode Mud Terrain (MT).

Mobil yang dapat menampung empat orang di dalamnya ini hadir dengan pilihan atap hard top, soft top dan juga atap yang terpampang las alias terbuka, seperti dilansir Antara. Pindad Maung memiliki lima pintu yang berada di bagian samping kanan dan kiri, dan satunya berada di bagian belakang layaknya kendaraan-kendaraan off-road.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Pindad Maung 4x4

Maung adalah kendaraan taktis ringan 4x4 produksi PT Pindad yang ditujukan untuk mendukung operasi jelajah medan sulit dan kendaraan angkut personel, dengan daya tampung empat personel dengan lima pintu.

Dimensi Ranops Maung adalah panjang 4,8 meter; lebar dua meter; tinggi 1,8 meter; dengan wheel base 2,8 meter dan ground clearance 0,3 meter. Kendaraan itu dimotori mesin diesel 1.900 cc berdaya 136 tenaga kuda (HP).

Maung dapat melaju pada kecepatan 120 kilometer per jam dengan aman dan memiliki jarak tempuh hingga 650 kilometer. Suspensi depan Maung menggunakan Independent Coil Spring With Gas Shock Absorber, sedangkan suspensi belakang menggunakan Rigid 5-link Coil Spring With Gas Shock Absorber.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya.

Pindad mengembangkan Maung dengan kustomisasi untuk penggunaan kendaraan operasional presiden dengan menghadirkan fasilitas kenyamanan, keamanan, dan performa handal.

3 dari 4 halaman

Prabowo Jadi Sopir Jokowi dan Erick Thohir Naik Pindad Maung

Presiden Jokowi hari kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur, ditemani dua menterinya, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan Prabowo dan Erick Thohir ikut mendampinginya dalam melakukan kunjungan kerja mengunjungi PT Pindad (Persero) di Kabupaten Malang. Menurut dia, PT Pindad berada di bawah kementerian yang dipimpin Prabowo dan Erick.

"Ini kita mau ke Pindad, ke Kabupaten Malang ini mau ke Pindad. Pindad itu berada di bawah Pak Menteri BUMN Erick Thohir dan di bawah Menhan Pak Prabowo," jelas Jokowi usai meninjau Pasar Bululawang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Ada hal menarik dalam kunjungan Jokowi di Pindad. Mereka bertiga terlihat menunggangi kendaraan taktis. Uniknya lagi, Prabowo menjadi sopir.

Menhan Prabowo dibalik kemudi. Kemudian ada Menteri BUMN Erick Thohir di kursi navigator kiri. Sementara di kursi belakang ada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

4 dari 4 halaman

Infografis Alusista Rancangan PT Pindad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.