Sukses

Demi Pangkas Waktu Distribusi, Hino Dirikan Depo Suku Cadang di Ternate

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi hadirkan depo suku cadang terbaru di Ternate, Maluku Utara. Depo ini dihadirkan untuk mempermudah pelanggan mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan, terutama di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua.

Liputan6.com, Jakarta - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi hadirkan depo suku cadang terbaru di Ternate, Maluku Utara. Depo ini dihadirkan untuk mempermudah pelanggan mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan, terutama di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua.

Selain itu, depo suku cadang di Ternate tersebut juga dapat memperpendek waktu tunggu suku cadang. Khususnya di berbagai site-site tambang yang berada di wilayah Kepulauan Maluku yang saat ini merupakan salah satu penghasil nikel terbesar di Indonesia.

"Depo baru ini menunjukkan komitmen Hino untuk terus mendekatkan diri kepada para pelanggan. Depo baru ini diharapkan dapat, memperpendek waktu tunggu (lead time) spare parts ke customer di wilayah Kepulauan Maluku dan Papua," ucap Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO)-Director HMSI.

Hino Part Depo Ternate sendiri memiliki kapasitas penyimpanan suku cadang sebanyak 4.973 item. Fasilitas depo ini berada di area seluas 816 meter persegi yang dimana saat ini sudah tersedia lebih dari 17.210 pcs suku cadang.

Sebelumnya, suku cadang area Kepulauan Maluku seperti ke Pulau Halmahera, Pulau Obi dan Pulau Seram dipasok dari depo Hino terdekat yang berada di Makassar. Waktu pengiriman dari Makassar ke daerah-daerah tersebut dapat memakan hingga 2 minggu.

"Indonesia negara kepulauan yang sangat luas. Hal ini tentu saja memberikan tantangan sendiri bagi Hino untuk bisa terus menyediakan suku cadang dengan waktu yang singkat bagi customer," Tambahnya.

Tentunya waktu pendistribusian tersebut sangat tidak efisien. Kini dengan adanya part depo Ternate Waktu pengiriman tersebut menjadi jauh lebih singkat, hanya sekitar 3 hari.

"Kini customer tidak perlu khawatir menunggu lama. Karena Pembukaan Part Depo di Ternate Ini merupakan bentuk Total Support yang diberikan kepada Hino bagi para customer dalam mempermudah bisnis yang dijalankan," tuturnya.

Pada dasarnya, site-site tambang di Kepulauan Maluku ini memang membutuhkan ketersediaan suku cadang dan waktu supply yang baik. Mengingat nikel merupakan sumber daya langka yang tidak semua negara miliki.

Maka dari itu, site-site tambang nikel di wilayah kepulauan Maluku harus tetap berproduksi untuk menjaga ketersediaan komoditi tambang nikel. Terkait hal itu, HMSI juga akan memasok kebutuhan suku cadang dealer-dealer Hino terdekat diseputar lokasi part depo terbaru ini. 

Dealer-dealer tersebut antara lain, PT Nengmey Malut Maluku yang beroperasi di wilayah Ambon, Ternate, Halmahera, PT Nenggapratama Internusa yang terletak di Manado, Serta PT Kreasi Auto Kencana yang memberikan pasokan kebutuhan suku cadang di area Papua seperti Sorong, Jayapura, dan Manokwari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peduli Pendidikan

Bersamaan dengan kegiatan peresmian depo suku cadang baru di Ternate, PT Hino Motors Sales Indonesia juga menjalankan agenda Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan kepada SMKN 2 Ternate.

Adanya program CSR pendidikan kepada SMKN 2 Ternate bertujuan sebagai link and match antara dunia pendidikan dengan kebutuhan industri otomotif.

"Kami senang dapat membantu sekolah vokasi dapat mencetak lulusan jurusan otomotif yang mahir dalam teknik mesin diesel untuk memenuhi kebutuhan industri yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten, serta membantu individu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan mereka" tutup Santiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini