Sukses

Honda CB650R Alami Penyegaran, Simak Detail Ubahannya

Tanpa seremonial, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan model terbaru dari Honda CB650R.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa seremonial, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan model terbaru dari Honda CB650R. Identitas Matte Gunpowder Black Metallic dan Candy Chromosphere Red masih bertahan, tapi kini lebih berkarakter. Sekarang harga jualnya Rp291 juta OTR DKI Jakarta.

Warna baru dengan tema black edition di Matte Gunpowder Black Metallic masih bertahan dengan dominasi hitam doff.

Ubahan hanya tampak di beberapa komponen. Seperti suspensi depan, cover mesin, dan shroud yang memberikan kesan misterius tanpa menghilangkan sensasi maskulin.

Untuk varian Candy Chromosphere Red terdapat perubahan di bagian shroud yang kini berwarna gelap. Sensasi ini membuat tampilan motor Neo Sport Café semakin macho dan eksklusif.

Marketing Director AHM Octavianus Dwi mengatakan CB650R terbaru tetap mempertahankan desain original dengan sentuhan modern, sesuai kebutuhan pengendara masa kini.

Pembaruan CB650R diharapkan semakin melengkapi kebanggaan memiliki big bike street fighter yang gagah dan memberi sensasi berkendara maksimal.

“Sentuhan retro dan street fighter dalam tampilan CB650R menyempurnakan gaya hidup pengendaranya untuk semakin bangga sebagai pusat perhatian. Kami pun terus konsisten dalam memberikan layanan khusus untuk memanjakan pengguna big bike Honda melalui jaringan dealer Big Wing kami yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia,” ujar Octa.

Sayangnya pembaruan yang diterima tidak dibarengi dengan ubahan lain. Styling bodi sebagian besar tak berubah. Masih bertahan dengan desain timeless dan menekankan pada ciri khas motor street fighter.

Sepintas pada sosoknya hadir kesan sporty, modern, sekaligus sensasi ekstrem. Meski demikian, detail minor dari skema warna yang ditawarkan setidaknya membuat penampilannya lebih mewah.

Kesan retro yang kuat ditampilkan melalui desain headlamp bulat. Daya tarik lainnya didapat melalui penyematan all LED lighting system dan lensa bening pada lampu senja, belakang, dan sein sehingga menghasilkan pencahayaan modern.

Dari samping, tampak jelas terekspos bagian mesin atau mekanikal. Sedang bagian belakang, gaya street fighter sangat kuat. Ini semua meningkatkan sensasi gagah, maskulin, serta tambahan kesan ekstrim. Tapered handlebar juga turut meningkatkan kepercayaan diri dan kelincahan berkendara di setiap jenis medan.

Posisi riding agak condong ke depan. Jok pembonceng memberikan ruang yang cukup, didukung dengan tali untuk keamanan. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian tempat duduk 810 mm.

Tampilan full digital panel meter dengan pencahayaan berwarna biru, berisi informasi posisi gir, dan shift up indicator. Dilengkapi pula informasi putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu.

Honda CB650R baru makin sempurna dengan dukungan mesin tangguh dan fitur canggih untuk memberikan sensasi berkendara maksimal. Performa tinggi disematkan untuk mendukung penampilan.

Ia dibekali mesin 4-silinder, 650 cc, DOHC, 6-percepatan, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 Hp pada 11.000 rpm dan torsi kuat 60,7 Nm di putaran 8.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar tercatat 15,4 liter, dan spesifikasi mesin sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.

Model knalpot memiliki desain compact namun kokoh. Menambah kesan maskulin sekaligus memberi performa optimal pada putaran bawah-tengah. Lubang gas buang sisa pembakaran ini juga mampu menghasilkan suara yang khas dan berkelas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lainnya

Big bike 650 cc ini ditopang oleh rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips. Dirancang untuk memberikan kesan gagah dan kestabilan maksimal.

Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.

Fitur yang dijajakan membuatnya lebih unggul dari kompetitor. Menggunakan suspensi depan jenis inverted telescopic Showa 41 mm, untuk meningkatkan kenyamanan handling.

Suspensi belakang dengan lengan ayun aluminium, menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Bagian ini memiliki pengaturan hingga 10 level, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Buat kenyamanan pengendara diberikan assist/ slipper clutch. Membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dioperasikan. Teknologi ini sekaligus mengurangi efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi peranti wajib untuk Honda CB650R. Bertugas menyesuaikan tenaga mesin demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip.

Fitur keselamatan lain yang tersemat yakni Emergency Stop Signal (ESS), mampu memberikan peringatan ke pengendara lain khususnya bagian belakang. Karena saat pengereman mendadak, kedua lampu sein menyala secara berkedip.

Pelek aluminium dibalut ban depan berukuran 120/70-R17, serta ban belakang ukuran 180/55-R17. Model ini menggunakan kaliper rem depan empat piston dengan cakram 310 mm.

Di bagian belakang tersemat kaliper piston tunggal dengan cakram 240 mm. Masing-masing menghasilkan daya pengereman berlimpah dengan ABS 2-channel sebagai peranti standar.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.