Sukses

Empat Merk Mobil Baru dari China Siap Melantai di GIIAS 2023

Kini populasi kendaraan pabrikan China sudah semakin berkembang di Tanah Air. Tahun ini ada empat merek mobil china yang akan mendatangi pasar Tanah Air, yakni, Haval, Ora, Tank, dan Neta.

Liputan6.com, Jakarta - Kini populasi kendaraan pabrikan China sudah semakin berkembang di Tanah Air. Industri otomotif Indonesia yang tadinya didominasi oleh merek Jepang, kini mulai tersaingi oleh mobil China yang sudah mulai bermunculan.

Contoh nama-nama yang sudah familiar yakni, Wuling, DFSK, Chery, BYD, hingga Morris Garage (MG) yang kini dikuasai oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) Motor.

Deretan produsen roda empat asal Tiongkok ini pun akan semakin bertambah. Tahun ini ada empat merek mobil china yang akan mendatangi pasar Tanah Air, yakni, Haval, Ora, Tank, dan Neta.

Wajah-wajah baru tersebut akan debut di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang rencananya akan berlangsung pada 10-20 Agustus 2023 mendatang di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Tiga nama pertama yang disebutkan di atas (Haval, Ora, Tank) merupakan merk-merk yang tergabung dalam konglomerasi Great Wall Motor (GWM). Sementara itu, Neta merupakan merek mobil listrik yang diproduksi oleh Hozon Auto New Energy Automobile.

Tentunya keempat merek mobil ini masih sangat asing di telinga masyarakat. Bagi yang penasaran, berikut beberapa penjelasan tentang merek-merek tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Haval

Produsen mobil yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 2013. Namun, haval sendiri hanya berfokus memproduksi mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

Jika dilihat dari situs resminya, Haval telah memasarkan 5 model mobil yaitu, H6, Jolion, H9, F7x, dan F7. Secara industri, Haval telah mendirikan anak perusahaan di lebih dari 60 negara dan wilayah serta memiliki lebih dari 500 distributor.

2. Ora

Ora merupakan merek mobil baru yang diperkenalkan pada 2018. Berbeda dengan Haval, Ora merupakan perusahaan yang berfokus pada mobil listrik.

Produk yang mereka pasarkan adalah mobil listrik mini yang tampilanya mirip VW kodok. Ora sendiri baru memproduksi tiga model yakni, IQ, R1, serta R2.

3 dari 3 halaman

3. Tank

Sama seperti Haval, Tank juga fokus memproduksi mobil-mobil SUV. Namun, bedanya SUV buatan Tank memiliki model seperti mobil Jeep. 

Saat ini produsen asal China ini telah memproduksi 5 produk, yakni, Tank 300, 300 city, 300 border, 200 Thousand, dan 500. Salah satu model andalan sub-brand ini adalah GWM Tank 300 yang dijual dengan harga 55,9 ribu Dolar AS atau setara Rp 836 juta.

4. Neta

Mungkin nama Neta sudah lebih familiar dengan masyarakat Indonesia dibanding ketiga merk di atas. Sebelumnya, salah satu produk neta yang bernama “V” pernah jadi perbincangan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, perusahaan mobil asal Tanah Air, Esemka pernah dirumorkan akan merilis mobil listrik yang merupakan hasil rebadge atau mengganti merek dari mobil Neta V.  Namun, ternyata informasi tersebut hanya sebuah spekulasi.

Di sisi lain, Neta  sudah dipasarkan di negara tetangga Indonesia yakni, Malaysia dan Thailand. Selain Neta V, anak perusahaan Hozon Auto ini juga menawarkan dua model lain di pasar dalam negerinya, yaitu Neta S, Neta U-II (penerus Neta U).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.