Sukses

Pemula Wajib Tahu, Berikut Kumpulan Tips Parkir Mobil Secara Paralel

Parkir mobil secara paralel membutuhkan perhitungan dan juga teknik tersendiri. Jarak mobil di depan dan belakang biasanya mepet dan sulit diukur, sehingga membuat tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding parkir biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil yang baru belajar berkendara biasanya menghadapi kesulitan saat parkir mobil secara paralel. Padahal kemampuan ini sangatlah penting mengingat terbatasnya lahan parkir di perkotaan.

 

Parkir mobil secara paralel membutuhkan perhitungan dan juga teknik tersendiri. Jarak mobil di depan dan belakang biasanya mepet dan sulit diukur, sehingga membuat tingkat kesulitannya lebih tinggi dibanding parkir biasa. 

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan parkir mobil secara paralel.

Ketika mencari tempat parkir, pengendara mobil harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang diharuskan untuk parkir paralel. Biasanya, terdapat marka khusus parkir paralel yang telah disediakan oleh pemilik tempat.

Saat mulai memarkir mobil secara paralel, pastikan Anda tahu posisi mobil dengan baik. Periksa jarak mobil Anda dari kendaraan di depan dan di belakang, serta pastikan mobil Anda sejajar dengan mobil yang terparkir di samping.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberi Tanda dan Mundur Lebih Dulu

Untuk memberikan penanda bagi pengendara mobil lainnya, Anda bisa menyalakan lampu sign yang menandakan bahwa sedang parkir. Hal ini dilakukan agar pengendara mobil lain dapat menunggu dan tidak tergesa-gesa saat mobil di depannya sedang dalam posisi bermanuver untuk parkir.

Parkir paralel akan menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan kondisi memundurkan mobil dan memasukan bagian buritan terlebih dahulu ke ruang parkir paralel yang tersedia.

Apabila Anda memulai masuk parkir dengan posisi bagian depan terlebih dahulu maka diperlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga menyelesaikan parkir dengan rapih. 

Teknik Angka 8 dan Injak Rem serta Gas

Teknik ini bisa membantu Anda memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel dan kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil Anda mencapai sudut parkir. Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.

Lantaran tempat parkir yang tidak terlalu luas, maka pengendara mobil harus lebih berhati-hati dalam menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif.

Pengendara harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang, karena jika tidak bisa seimbang, dikhawatirkan akan menyenggol mobil lainnya. Selain itu, manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat. 

 

3 dari 3 halaman

Rem Tangan

Setelah mobil terparkir, pastikan bahwa posisi mobil Anda tepat di antara garis parkir dan tidak menonjol ke luar. Pastikan juga jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan dan di belakang cukup untuk membuka pintu mobil dengan aman.

Selain itu, jika memang diperlukan, pengendara mobil harus memastikan telah menarik rem tangan sebelum meninggalkan lokasi agar laju kendaraan dalam berhenti dan diam di posisinya selama parkir beberapa saat.

Untuk parkir paralel, perlu diperhatikan apakah perlu menarik rem tangan atau tidak, hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar, kontur jalan atau dapat ditanyakan kepada petugas parkir setempat.

Berlatih Rutin

Semakin sering Anda memarkir mobil secara paralel, semakin mudah pula Anda melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu Anda memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil secara paralel.

Saat mobil sudah dalam posisi kaca pintu tertutup rapat, sebelum keluar mobil, pengendara harus memastikan bahwa AC, lampu kendaraan, hingga audio sudah dalam kondisi mati.

“Kemudian pastikan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terakhir, pastikan tidak meninggalkan barang yang mudah terbakar dan parkirlah di area yang teduh agar mobil tetap terlindungi dari terik matahari,” tutup Hariadi.  

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini