Sukses

Pemudik asal Bandung Meninggal karena Sakit ketika Mudik, Pahami 5 Tips Berikut Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Belum lama ini terdapat seorang pemudik asal Kota Bandung yang meninggal di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Selasa malam (25/4/2023). Maka dari itu, bagi pengemudi yang ingin berkendara jarak jauh, sangat disarankan untuk menyiapkan kondisi fisik terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan raya sering kali menjadi tempat yang rawan kecelakaan. Apalagi di musim-musim arus mudik yang mengharuskan para pemudik menempuh jarak jauh.

Belum lama ini terdapat seorang pemudik asal Kota Bandung yang meninggal di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Selasa malam (25/4/2023). Pemudik tersebut atas nama Iyep Supriatna (56), warga Ciwastra, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung.

Menurut informasi dari kanal Regional Liputan6.com, Kasatlantas Polres Tasikmalaya Kota AKP, Tejo Reno Indratno pun sudah membenarkan kabar tersebut. 

Tejo menjelas, pemudik tersebut rencananya hendak pulang bersama rombongan keluarganya dari Tasikmalaya menuju Bandung dengan menumpang Angkutan Kota Jurusan Ciwastra-Gasibu.

Saat rombongan mobil tersebut hendak beristirahat di warung di Jalan Lingkar Gentong, korban turun dari mobil. Namun setelah beberapa langkah terjatuh dan tidak sadarkan diri.

Berdasarkan keterangan anak korban, Chandra, selama perjalanan dari Tasikmalaya hingga Gentong, sang ayah kelihatan seperti pusing. Karena itu ia memutuskan untuk istirahat di warung hingga akhirnya jatuh setelah turun dari mobil.

Pada dasarnya, menjaga  kesehatan memang sangat penting saat menempuh perjalanan jauh. Jika penumpang saja bisa tumbang apalagi pengendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Maka dari itu, bagi pengemudi yang ingin berkendara jarak jauh, sangat disarankan untuk menyiapkan kondisi fisik terlebih dahulu. Dilansir hallosehat.com, berikut beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat perjalanan jauh:

1. Cek kesehatan diri sebelum bepergian

Terdengar sepele, tetapi cek kesehatan diri merupakan hal yang paling mendasar dalam melakukan perjalanan jauh. Pasalnya, memperhatikan kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan jauh, dapat membantu dalam mempersiapkan kebutuhan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jika merasa tubuh sedang dalam kondisi bugar, maka cukup menyiapkan kebutuhan seperti vitamin dan bekal makanan yang bergizi. Namun, jika merasa tubuh tidak sebugar biasanya, sebaiknya persiapkan vitamin dan obat.

Alangkah baiknya lagi, jika  menunda perjalanan jauh hingga kondisi tubuh membaik dan sehat agar lebih siap.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Asupan cairan menjadi salah satu faktor penting agar tubuh tetap bugar dan dapat melakukan aktivitas dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan, tubuh cenderung susah konsentrasi dan mengalami lemas selama di perjalanan.

Tidak perlu khawatir jika akan sering buang air kecil akibat terlalu banyak minum air putih. Solusinya dapat dilakukan dengan mengatur jadwal minum air putih setiap beberapa jam selama perjalanan agar waktu buang air kecil jadi lebih teratur.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu menyempatkan ke toilet agar hasrat buang air kecil tidak terlalu mengganggu perjalanan.

 

3 dari 3 halaman

3. Sedia bekal sehat

Selama dalam perjalanan, pastikan untuk tidak memilih makanan dan minuman secara sembarangan. Untuk menjaga asupan makanan selama bepergian, sebaiknya bawalah bekal pribadi yang terdiri dari makanan bergizi dan camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan.

Selain terjamin kebersihannya, bekal makanan sehat dapat membantu menguatkan tubuh agar tidak mudah lelah dan sakit. Membawa bekal pribadi pun dapat membantu menghemat pengeluaran selama bepergian.

4. Lakukan protokol kesehatan

Meskipun masa pandemi Covid-19 telah berakhir, tidak ada salahnya untuk tetap menerapkan beberapa protokol dasar seperti, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta sedia hand sanitizer selama di perjalanan.

Kemudian jangan lupa untuk melengkapi dosis vaksin dan booster Covid-19 agar terhindar dari risiko penularan virus. Walau sudah tak seganas dulu, bukan berarti virus ini sudah hilang sepenuhnya.

5. Sedia herbal untuk daya tahan tubuh

Guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama bepergian, tak ada salahnya untuk mengonsumsi bahan herbal alami yang aman dan praktis. Usahakan untuk memilih produk herbal yang mengandung bahan-bahan berkhasiat agar daya tahan tubuh tetap terpelihara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.