Sukses

Viral Becak Dua Penumpang Terpental karena Ditabrak Mobil Saat Hendak Menyeberang

Belum lama ini pun terdapat kejadian semacam itu yang sedang viral di media sosial. Kronologinya terjadi ketika pengendara mobil sedang berkendara di jalur kanan jalanan dua arah. Kemudian tiba-tiba ada sebuah becak yang mencoba untuk menyebrang secara mendadak.

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan memang sudah menjadi resiko bagi para pengendara. Terkadang kecelakaan pun tidak dapat dihindari. Meskipun sudah hati-hati, hal tak terduga tetap bisa muncul secara tiba-tiba. Belum lama ini pun terdapat kejadian semacam itu yang sedang viral di media sosial.

Menurut informasi dari akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, tragedi tersebut terjadi di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jalan Pantura Situbondo - Banyuwangi). Video tersebut terekam oleh lensa dashcam yang terletak di belakang kaca depan mobil.

Kronologinya terjadi ketika pengendara mobil sedang berkendara di jalur kanan jalanan dua arah. Kemudian tiba-tiba ada sebuah becak yang mencoba untuk menyeberang secara mendadak.

Permasalahannya becak tersebut tertutup oleh mobil bus mini sehingga sang pengendara mobil tidak melihat becak tersebut. Tidak sempat antisipasi, akhirnya pengendara mobil pun menabrak becak itu.

Karena berjalan di lajur kanan, kemungkinan besar pengendara mobil sedang berlari di kecepatan sedang. Maka dari itu, benturan yang terjadi cukup keras.

Akibat benturan kencang tersebut, sang sopir becak dan penumpang yang merupakan wanita berhijab terpental cukup jauh dari becak. Melihat kejadian itu, warga sekitar langsung menghampiri untuk membantu.

Untuk saat ini masih belum dipastikan bagaimana tindak lanjut dari kecelakaan tersebut. Namun, salah satu akun Instagram mengaku sebagai pengendara mobil tersebut di kolom komentar.

Ia menjelaskan bahwa keadaan korban cukup parah. Selain itu, pemilik akun tersebut juga mengatakan kalau korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat.

“Itu mobil sya min, becak suami istri bapak patah tulang kanan dan ibu gegar otak, saat ini sedang dirujuk ke faskes yg lebih baik, mohon doanya,’’ tulis pemilik akun itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Berkendara Aman

Belajar dari kejadian ini, seluruh pengendara baik itu roda empat ataupun dua wajib selalu waspada. Dikutip dari situs resmi dishub.kulonprogokab, berikut beberapa tips berkendara aman:

1. Waspada saat  di lampu lalu lintas

Sering terlihat, pengendara motor atau mobil melihat lampu lalu lintas yang di arah lain. Hal ini sangat berbahaya karena dari arah tersebut bisa saja masih ada kendaraan yang menerobos lampu kuning. 

Jadi saat dihadapkan pada lampu lalu lintas, perhatikan saja lampu yang ada jelas-jelas ada di hadapan. Saat sudah menyala hijau baru berjalan dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi lalu lintas sekitar.

2. Waspada saat melintas di dekat mobil

Saat melintas dekat mobil sangat dianjurkan untuk berhati-hati karena bisa saja mobil tersebut berhenti tiba-tiba atau membuka pintu atau berbelok tiba-tiba. Usahakan saat melintas dekat mobil, tetap berada pada jangkauan penglihatan kaca spion mobil tersebut sehingga pengendara mobil mengetahui keberadaan pengendara lain.

3. Waspada saat melintas dekat mobil yang berhenti

Saat melintas dekat mobil yang sedang berhenti, pengendara tidak tahu apa yang ada di depan mobil. Bisa saja ada orang yang akan menyeberang sehingga mobil tsb berhenti. 

Jadi coba untuk memperlambat kendaraan dan memastikan jalan dalam kondisi aman.

4. Waspada saat berkendara disamping mobil yang berada dalam tikungan

Ketika mobil berbelok ditikungan, sisi belakang mobil cenderung semakin rapat kesisi dalam karena perbedaan radius putar antara ban depan dan belakang.

Kondisi tersebut sangat tidak aman bagi motor untuk berada di dalam tikungan saat mobil menikung.

 

3 dari 3 halaman

5. Jangan mendahului mobil yang tidak aman

Mendahului mobil pada posisi yang tidak memungkinkan untuk melihat kondisi lalu lintas di depan sangat berbahaya, contohnya: 

  • Saat berada di tikungan
  • Saat di puncak tanjakan
  • Dalam terowongan tanpa pembatas jalur
  • Dekat persimpangan jalanDalam kompleks perumahan atau dekat sekolah dimana anak-anak banyak bermain.

6. Waspada saat melintas di antara mobil yang sedang dalam antrean

Saat melintasi di antara mobil yang sedang dalam antrean, bunyikan klakson bila siang. Bila di malam hari, pengendara dapat menyalakan lampu jauh sesering mungkin sehingga pengendara mobil dapat sadar akan keadaan sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini