Sukses

Carsome Ungkap Daftar Mobil Bekas yang Banyak Dicari Konsumen

Pasar mobil bekas (mobkas) makin menunjukan peningkatan yang signifikan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mereda

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil bekas (mobkas) makin menunjukan peningkatan yang signifikan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang semakin mereda. Salah satu yang mendapatkan kenaikan penjualan, adalah flatform jual beli Carsome.

Andrew Mawikere, CEO Carsome mengatakan, kebutuhan konsumen selalu berkembang secara dinamis, terlebih dengan semakin beragamnya kebutuhan mobilitas dan ketersedian ragam pilihan yang menarik di pasar industri mobil bekas.

"Berangkat dari data Carsome Insights 2022 yang terus dikembangkan setiap tahunnya, kami secara berkelanjutan terus menyediakan layanan yang paling sesuai dengan ekspektasi konsumen," jelas Andrew, saat acara Media Briefing Carsome, Kamis (13/4/2023).

Konsumen mobil bekas Carsome di Indonesia pada 2022 sebagian besar berasal dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang, Medan, dan Makassar.

Selain itu, konsumennya juga berada pada usia produktif 25-44 tahun, yang berasal dari berbagai latar belakang ekonomi dan berprofesi sebagai karyawan swasta, wiraswasta, hingga pedagang.

Umumnya, para konsumen menggunakan mobil bekas sebagai alat transportasi pribadi atau keluarga, meskipun beberapa konsumen juga menggunakan mobil bekas untuk keperluan bisnis, seperti transportasi barang atau jasa angkutan.

Berdasarkan temuan yang terangkum dalam Carsome Insights 2022, Honda Brio masih menjadi merek mobil yang paling laku terjual.

Mitsubishi Xpander juga berhasil menjadi merek kategori LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) terlaris dengan pangsa pasar sebesar 6.5 persen yang menggantikan Avanza pada 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

LCGC

Sedangkan Honda HR-V berhasil masuk di peringkat keempat teratas dengan lahirnya generasi terbaru pada 2022. Selain itu, 2022 juga terus menjadi tahun terbaik bagi mobil jenis LMPV yang masih menjadi segmen terlaris bagi para konsumen.

Meskipun demikian, posisinya mulai tergerus oleh segmen LCGC (Low Cost Green Car), dikarenakan kenaikan harga BBM yang cukup signifikan pada 2022.

Carsome Insights 2022, juga menunjukkan minat konsumen pada mobil bekas dalam kisaran usia 3-4 tahun dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan mobil baru dan model yang masih tergolong up-to-date.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.