Sukses

Banyak Motor Listrik yang Desainnya Mirip Vespa, Begini Respons Bos Piaggio Indonesia

Motor listrik yang beredar di pasar otomotif Indonesia beragam modelnya. Namun ada beberapa model yang desainnya mirip dengan Vespa. Bos Piaggio Indonesia pun turut menanggapi fenomena ini

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik yang beredar di pasar otomotif Indonesia beragam modelnya. Namun ada beberapa model yang desainnya mirip dengan Vespa.

Terkait hal itu, Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia (PID) Marco Noto La Diega menjelaskan, pihaknya tak merasa terganggu dengan kehadiran merek lain yang memiliki desain serupa Vespa.

Menurutnya, Vespa punya identitas serta karakter yang khas, dan konsumen bisa menilainya secara mandiri.

"Vespa memiliki pusat karakter tersendiri begitu juga merek lain memiliki karakter sendiri. Kita menghargai semuanya yang memang terinspirasi dari karakter Vespa. Walaupun tampilannya mirip, tapi Vespa adalah Vespa ada ciri khas dan konsumen pasti bisa membedakan," kata Marco usai peluncuran Vespa Primavera Color Vibe di Jakarta, Selasa (4/4/2023). 

Kehadiran merek lain dengan desain yang punya kemiripan seperti Vespa dijelaskan akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

Hal ini dinilai positif untuk menggairahkan industri sepeda motor yang memang punya pasar besar di Indonesia.

"Kompetisi bagus untuk semua orang, bagus untuk negara, bagus untuk konsumen, dan bagus untuk produsen. Itu kenapa kita harus membangun ekosistem ini dan mencari tahu apa selanjutnya," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jiplakan Molis Cina Serupa Vespa

Respons yang besar dari Vespa, utamanya konsumen muda mendorong beberapa merek motor listrik untuk coba ambil peruntungan. Mereka terang-terangan membuat produk yang sekilas mirip namun membedakan di beberapa sektor agar terhindari dari jerat plagiat.

Sebagai contoh adalah Uwinfly yang menawarkan T3S berdesain seperti Vespa S125. Kemudian ada pula Goda yang menjual produknya di Tanah Air dengan varian 220 mirip . Keduanya dibanderol seharga Rp18 jutaan.

Tak cuma kedua itu saja, ada juga MAB (Mobil Anak Bangsa) lewat sub brand-nya Electro merek kepunyaan Kepala Staf Presiden Moeldoko. Electro menawarkan EL02 yang desainnya mirip-mirip dengan Primavera.

Selain Electro EL02, Davigo Forza dan Volta Mandala juga dirancang dengan ide desain sebuah skutik Vespa. Harga yang ditawarkan ke konsumen cukup terjangkau atau tak lebih dari Rp20 juta OTR.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini