Sukses

Jangan Menyetir Lebih dari 4 Jam saat Mudik Lebaran Pakai Mobil, Ini Alasannya

Melakukan perjalanan mudik atau balik dari kampung halaman, dengan kondisi lalu lintas yang tidak bisa ditebak akan menjadi kegiatan yang sangat melelahkan

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran 2023 dipastikan pemerintah tidak akan melakukan pembatasan terkait kondisi pandemi Covid-19. Dengan begitu, tahun ini masyarakat pastinya akan melakukan mudik ke kampung halaman, setelah beberapa tahun mungkin tidak bisa pulang.

Beragam alat transportasi bisa digunakan, tapi sepertinya mobil masih menjadi kendaraan yang digemari masyarakat. Pasalnya, dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil, tentunya akan lebih fleksibel, baik dari segi waktu dan rute.

Dengan sudah semakin longgarnya peraturan mudik Lebaran 2023 ini, tentunya kondisi lalu lintas juga diperkirakan akan sangat padat terutama di jalan tol, dan akan menjadi sangat bermasalah bagi para pengguna kendaraan pribadi, seperti mobil.

Melakukan perjalanan mudik atau balik dari kampung halaman, dengan kondisi lalu lintas yang tidak bisa ditebak akan menjadi kegiatan yang sangat melelahkan. Selama berjam-jam, pengemudi harus berkonsentrasi melihat jalan dan kendaraan lainnya agar tidak terjadi kecelakaan.

Menurut Rifat Sungkar, Pendiri Rifat Drive Labs, ketika berkendara tanpa berhenti alias tidak dalam kondisi macet, maksimal hanya tiga jam, setelah itu disarankan untuk beristirahat.

"Kalau berkendara terus dan tidak berhenti, sebaiknya maksimal tiga jam. Tapi kalau berhenti alias dalam kondisi macet bisa sampai empat jam," jelas Rifat kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kadar Oksigen dan Air

Sementara itu, pereli nasional ini menyarankan, ketika melakukan perjalanan mudik atau balik Lebaran jangan berpikir untuk cepat sampai.

"Itu salah, kita harus berpikir selamat, bukan cepat sampai. Sepanjang perjalanan harus enjoy," terang suami dari Sissy Priscillia ini.

Sementara itu, berkendara saat mudik atau balik Lebaran untuk menjaga konsentrasi ada dua kunci, yaitu kadar oksigen dan air. Jika keduanya berada di titik 80 persen, maka konsentrasi saat mengemudi sangat baik.

"Triknya, saat mengemudi siang hari diusahakan tidur saat istirahat. Tidak usah lama-lama, cukup setengah jam sampai satu jam untuk restart body," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.