Sukses

Mobil Listrik Neta V yang Sempat Dirumorkan Sebagai Produk Esemka Diluncurkan di Negara Tetangga

Mobil listrik parbrikan China yang bernama Neta V akan segera hadir di Malaysia. Menariknya, perusahaan mobil asal Tanah Air, Esemka pernah dirumorkan akan merilis mobil listrik yang merupakan hasil rebadge atau mengganti merek dari Neta V.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik pabrikan China yang bernama Neta V akan segera hadir di Malaysia. Menariknya, perusahaan mobil asal Tanah Air, Esemka pernah dirumorkan akan merilis mobil listrik yang merupakan hasil rebadge atau mengganti merek dari Neta V.

Namun, ternyata kenyataanya tidak demikian. Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya pun telah menjelaskan bahwa pernyataan tersebut hanya spekulasi.

"Dari mana dapat informasinya? Itu bukan dari kami," ujar Eddy, saat ditemui di booth Esemka IIMS 2023, ditulis Jumat (17/2/2023).

Neta V sendiri adalah produk dari perusahaan mobil Neta yang merupakan sebuah merek di bawah Hozon Auto. Saat ini Neta menawarkan tiga model di pasar dalam negerinya, yaitu Neta S, Neta U-II (penerus Neta U), dan Neta V.

Neta V pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Kemudian mobil pabrikan China ini mulai diimpor ke Asia Tenggara untuk pertama kalinya di Thailand.

Sekilas tentang spesifikasinya, Neta V di Thailand memiliki baterai lithium-ion 38,5 kWh yang menggerakkan motor listrik di bagian depan dengan tenaga maksimal sebesar 94 tk dan torsi maksimum 150 Nm.

Sementara itu, jangkauan meksimalnya berada di 384 km mengikuti standar NEDC (angka WLTP biasanya sekitar 20% lebih rendah). Untuk performa, mobil ini memiliki kecepatan tertinggi 101 km/jam dalam waktu 0-50 km/jam 3,9 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Mesin Mobil Listrik Neta V

 

Dengan performa mesinya, Neta V lebih cocok untuk dipakai untuk berkendara di daerah perkotaan. Untuk pengisian daya, Neta V dapat menggunakan input AC maksimal (Tipe 2) dengan daya listrik sebesar 6,6 kW.

Pengisian penuh menggunakan casan tersebut membutuhkan waktu delapan jam. Selain itu, mobil ini juga memliki DC fast charging dengan daya listrik 100 kW yang dapat mengisi 30-80% hanya dalam waktu 30 menit.

Jika penasaran dengan ukurannya, Neta V memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.540 mm, dan wheelbase sepanjang 2.420 mm. Sebagai perbandingan, Toyota Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.450 mm, dan jarak sumbu rodanya mencapai 2.550 mm.

Di Thailand, mobil listrik yang sempat dirumorkan akan di-rebadge Esemka ini dijual dengan harga 549.000 Baht atau setara dengan Rp 243 juta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.