Sukses

Honda MetaWorld Jadi Sarana Pendekatan dengan Gen Z

Honda MetaWorld adalah sebuah platform dunia vitual (metaverse) yang merupakan hasil kolaborasi antara PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan PT Telkom Indonesia Tbk

Liputan6.com, Jakarta - Honda MetaWorld adalah sebuah platform dunia vitual (metaverse) yang merupakan hasil kolaborasi antara PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan PT Telkom Indonesia Tbk. Di sini, pengguna bisa saling terhubung dan berinteraksi layaknya di kehidupan nyata.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari platform metaNesia yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia sebagai metaverse pertama dan terbesar di Indonesia.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesia," terang Yulian Karfili, Public Relations & Digital Strategy Senior Manager PT HPM dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (8/2/2023).

Lebih lanjut ia menyampaikan, Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu inovasi Honda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, terutama dari kalangan Gen Z yang merupakan generasi yang lahir di era teknologi digital.

Menurutnya, Honda menyadari pentingnya untuk tetap melakukan kontak atau menjalin hubungan dengan anak-anak muda sehingga brand Honda hadir di aktivitas mereka. Dirinya juga meyakini, platform ini memiliki potensi yang sangat luas ke depannya.

"Melalui Honda Metaworld ini, orang-orang yang tertarik dengan mobil Honda bisa langsung mendapatkan informasi dan terhubungan sosial media Honda untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait produk Honda," kata Karfili.

"Jadi, ini merupakan penghubung untuk menuju touch point sales Honda meskipun secara umum Honda Metaworld ini sebuah experience untuk khususnya anak-anak muda untuk lebih mengenal brand Honda dan teknologi barunya," tambahnya.

Sementara itu, David Cuh Sihotang selaku Product Manager Telkom Indonesia menyebut, dukungan kolaborasi antara Telkom dan Honda merupakan sebuah komitmen dalam penerapan teknologi baru seperti metaverse untuk mendukung aktivitas ekonomi kreatif di Indonesia.

"Pembuatan virtual showroom Honda di metaNesia diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat terhadap produk Honda, dan juga melakukan adaptasi pada teknologi baru seperti metaverse," ujarnya.

David menuturkan, sejak 2022 sudah ada sekitar 10 ribu pengguna yang secara bergantian menggunakan fitur-fitur ataupun menghadiri event yang ada di metaNesia.

"Dan di 2023 kami berharap (peningkatan penggunanya) bisa naik dua atau tiga kali lipat dari yang kami dapatkan di 2022," harapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Baru

Sekadar informasi, Honda telah menjejaki platform metaNesia sejak 2022 dan tercatat sebagai agen pemegang merek (APM) pertama di Indonesia yang hadir di metaverse. Pada saat itu, Honda menampilkan konsep showroom mobil yang dihadirkan pada dunia virtual.

Dan pada versi terbarunya, Honda MetaWorld menampilkan konsep kota Honda dengan area permainan yang 60 kali lebih besar dibanding versi sebelumnya. Tak cuma itu, fiturnya kini lebih atraktif, teknologi yang lebih interaktif, dengan lebih banyak hiburan serta aktivitas di dalamnya.

Terdapat banyak area yang bisa dieksplorasi pengunjung, seperti Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, dan Test Drive Area dimana pengunjung dapat mengendarai mobil terbaru Honda WR-V secara virtual.

Avatar yang menjadi representasi virtual para pengunjung di Honda MetaWorld kini dibuat lebih interaktif dengan teknologi Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi yang lebih bervariasi, serta fitur selfie dimana pengunjung dapat menyimpan foto avatar mereka di berbagai area di Honda MetaWorld.

Untuk semakin meramaikan Honda MetaWorld, Honda juga berencana untuk menggelar berbagai aktivitas dan permainan seperti kumpul komunitas dan talkshow virtual, kompetisi balap dan masih banyak lagi.

Selain melalui platform metaverse, Honda juga aktif menggunakan platform digital untuk berkomunikasi dengan konsumen di segmen anak-anak muda, antara lain melalui aplikasi game Brio Virtual Drift Challenge, Virtual Modification, Honda Racing Simulator Championship serta berbagai aktivitas di media sosialnya.

Untuk mengakses Honda MetaWorld, pengunjung dapat mengunduh aplikasi metaNesia di website honda-indonesia.com atau melalui aplikasi Google Play.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini