Sukses

Tren Modifikasi Mobil Listrik Lebih ke Arah Kosmetik

Perkembangan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor terus bergerak agresif

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor terus bergerak agresif. Beragam model akan dihadirkan oleh banyak pabrikan di Indonesia, baik yang bertenaga baterai murni, hybrid, maupun plug-in hybrid (PHEV).

Dengan semakin banyaknya populasi mobil listrik di Tanah Air, tentu akan menggerakan pemain industri modifikasi untuk bisa menyediakan komponen atau spare part untuk ubahan roda empat ramah lingkungan ini.

Dijelaskan Gatot Mulyartho, CEO The Elite, modifikasi mobil listrik saat ini memang belum bergerak semasif kendaraan konvensional (bensin atau diesel), karena memang belum tersedianya komponen atau spare part yang mendukung hal tersebut.

"Kita bisa lihat, modifikasi Tesla (di gelaran Elite Showcase) itu akhirnya hanya pakai air suspension saja. Ada juga modifikasi Wuling Air ev. Jadi, dengan adanya acara ini diharapkan bisa jadi jembatan untuk modifikasi mobil listrik lainnya," jelas Gatot, saat ditemui di ICE, BSD, akhir pekan lalu.

Lanjut Gatot, potensi untuk pasar modifikasi kendaraan listrik di Indonesia sejatinya cukup besar. Namun, ada beberapa tren yang akan bergerak di sisi modifikasi kendaraan ramah lingkungan tersebut.

"Kalau performa gak mungkin (mobil listrik), karena orang tetap ingin mendengar suara mesin. Mungkin orang yang fashion, itu cocok. Jadi, ke arah kosmetik," pungkas Gatot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Mobil Modifikasi Adu Ganteng di Acara The Elite Showcase

Gelaran Elite Showcase resmi dihelat di hall 9 dan 10, ICE BSD, Tangerang, 4 dan 5 Februari 2023. Sebanyak 275 roda empat yang telah dimodifikasi adu ganteng dalam pameran ini.

Selain itu, sebanyak 32 tenant otomotif juga hadir di pameran modifikasi yang didukung sepenuhnya oleh PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Gatot Mulyartho, CEO The Elite menjelaskan, di acara ini pihaknya mengkurasi mobil yang memang daily use atau digunakan sehari-hari. Kemudian juga, kendaraan ini merupakan 90 persen dimodifikasi, dan terakhir dengan melihat aspek bahwa tidak semuanya dengan uang yang banyak bisa melakukan ubahan atau modifikasi yang sesuai.

"Keunikan Elite Showcase, kita juga selalu mengundang tamu yang hype, dengan kultur yang khas dibawa," jelas Gatot, saat opening ceremony Elite Showcase, Sabtu (4/2/2023).

Sementara itu, seperti yang sudah disebutkan Gatot, acara ini mengundang tamu seperti dari luar negeri, yakni Kenji dari Greddy Amerika, Lawrence dari Intec Racing yang biasa menjadi juri di showcase di Amerika, dan Larry Chen dari Hoonigan.

Adapun tenant-tenant yang turut meramaikan pameran ini, antara lain adalah, Subaru Indonesia, Themancave id, Pusat Spray Gun, Rakki Garage, Artcustomwork, Street Art Custom, Platinum Motorsport Indonesia, 3Steps Indonesia, Beeds Indonesia, Detailing Gear Indonesia, Savor id, Point888, Akasia Motor, ProjectOne Indonesia, AirBFT, CJ Eurohaus, DSG Indonesia, Stancelab Indonesia, Karma Bodykit, Jakarta Vapor Shop, Platinum Vape, Indonesian Vapor, Garage One, dan Garasi Drift.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.