Sukses

Berhadapan dengan Raize-Rocky, Ini Modal Citroen C3

Citroen menandakan kembalinya ke Indonesia dengan membawa beberapa produk. Salah satu yang menarik adalah C3 yang disebut Citroen sebagai sebuah hatchback.

Liputan6.com, Jakarta - Citroen menandakan kembalinya ke Indonesia dengan membawa beberapa produk. Salah satu yang menarik adalah C3 yang disebut Citroen sebagai sebuah hatchback.

Dimensi dan desain produk baru ini lebih cocok berada di segmen SUV kecil yang dihuni oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Belum lagi soal pilihan mesin yang serupa dengan dua produk kembar tersebut.

Guna membandingkan dengan data di atas kertas, bagaimana performa produk Citroen rakitan India ini mencoba peruntungan untuk menjadi alternatif dari duo Rocky Raize. Simak catatan berikut ini.

Desain dan Dimensi

Perbincangan pertama jelas soal tawaran desain. Citroen C3 memperlihatkan sentuhan desain Eropa kental yang terlihat elegan sekaligus modern.

Lambang chevron hadir di bagian depan dan menyatu dengan grille dan lampu DRL serta lampu utama. Bemper depannya menghadirkan ruang udara yang besar dengan perpaduan body cladding di bagian bawah dan under guard yang mengesankan sebuah kendaraan tangguh.

Tidak lupa, Citroen memberikan sentuhan two tone pada model terbarunya ini yang terdiri dari enam kombinasi warna serta empat warna monoton untuk dipilih.

Soal dimensi, C3 menawarkan panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.586 mm dengan jarak sumbu rodak 2.540 mm. Ground clearence model ini setinggi 180 mm. Dimensinya bersanding dengan model-model SUV kecil yang sudah lebih dulu hadir.

Pada Rocky dan Raize, pendekatan lebih pada sisi sporty dan ketangguhan sebuah SUV. Desainnya tegas, mengotak dengan aksesori di beberapa bagian yang menegaskan kesan SUV tangguh.

Khusus pada Raize, terdapat sentuhan GR Sport yang membuatnya tampil berbeda di jalan. Namun untuk mendapatkan bodi kit tersebut, konsumen harus memilih mesin 1.0L turbo. Bahasan kita batasi pada model dengan mesin 1.2L.

Soal ukuran dimensi, Rocky dan Raize menawarkan panjang sekitar 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Model ini menawarkan sumbu roda sepanjang 2.525 mm dengan ground clearence sekitar 200 mm. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior dan Fitur

Sentuhan desain Eropa juga diberikan pada interior C3. Terutama jika konsumen memilih varian two tone yang atraktif. Warna oranyenya memberikan kesan sporty dan modern. Kelapangan kabin menjadi tawaran Citroen. Di atas kertas, ruang kepalanya memiliki jarak sekitar 991 mm dan ruang bagasinya berukuran 315 liter.

Soal fitur, kenyamanan hadir dari head unit layar sentuh berukuran 10,2 inci. Fitur pada head unit ini antara lain mirroring, sambungan Apple Carplay dan Android Auto. Fitur keamanannya hadir dari dual airbag di depan, ABS, EBD sebagai fitur standar pengereman. Pengeremannya juga sudah menggunakan cakram di roda depan dan tromol di roda belakang.

Beralih ke duo Rocky Raize. SUV kecil ini menampilkan pendekatan desain elegan di bagian dalam. Head unitnya ditawarkan dalam ukuran 8 inci dan 9 inci untuk Rocky yang memiliki varian lebih banyak.

Fiturnya antara lain start stop button, keyless access, auto retractable mirror, digital AC, audio steering switch dan digital cluster meter.

Soal fitur keselamatan, varian 1.2L memiliki pengereman ABS dan EBD, vehicle stability control dan hill start assist. Masih ada seatbelt warning, sensor parking, dan kamera belakang.

 

3 dari 3 halaman

Performa

Citroen memberikan mesin Puretech 82 tiga silinder 1.198 cc pada C3. Mesin ini menghasilkan tenaga 82 ps di 5.750 rpm dan torsi 115 Nm di 3.750 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual, satu-satunya yang ditawarkan Citroen di Indonesia.

Mesin Rocky Raize 1.2L menggunakan kode WA-VE. Mesin tiga silinder DOHC Dual VVT-i 1.198 cc ini menghasilkan tenaga 88 ps di 6.000 rpm dan torsi 112 Nm di 4.500 rpm. Baik Rocky maupun Raize menawarkan transmisi CVT maupun manual untuk dipilih konsumen.

Harga

Citroen langsung memberikan senjata utama lewat harga kompetitif bagi model C3 ini. Calon konsumen cukup merogoh kocek sebesar Rp225 juta. Sayangnya, pengiriman unitnya akan dilakukan pada kuartal pertama 2023 mendatang.

Soal harga dan varian Rocky dan Raize lebih banyak pilihan namun kita konsentrasi pada varian 1.2L saja. Rocky 1.2L ditawarkan mulai Rp205 jutaan sampai Rp246,8 juta.

Raize 1.2L ditawarkan dalam dua varian yakni manual dengan harga Rp232,4 juta dan CVTR dengan harga Rp247,3 juta on the road Jabodetabek.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.