Sukses

Yamaha Augur 155, Skutik Unik dengan Wajah Futuristik

Yamaha Augur yang meluncur di Taiwan memiliki tampilan yang nyeleneh. Hal itu bisa dilihat dari fascia yang meruncing seperti pesawat luar angkasa di film-film fiksi.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Augur yang meluncur di Taiwan memiliki tampilan yang nyeleneh. Hal itu bisa dilihat dari fascia yang meruncing seperti pesawat luar angkasa di film-film fiksi.

Fascia itu terbagi dalam dua bagian terpisah. Celah di pemisah bodi depan tersebut ditempatkan sebagai lokasi lampu utama berteknologi LED proyektor yang diapit oleh 3 garis DRL di atas dan sisi samping bawah.

Bukan sembarang lampu biasa, sistem penerangan ini dinamakan sebagai Yamaha Lean Light Assist (Y-LLA). Fungsinya membantu menerangi sisi depan kiri dan kanan, mengikuti arah kemiringan motor. Konsepnya mirip dengan fitur lampu berteknologi assist pada mobil-mobil mewah.

Selain itu, Augur 155 juga dibekali peranti Yamaha Adjustable Color Temperature unit atau Y-AU. Dia berfungsi untuk merubah warna lampu sesuai dengan kondisi jalan dan keinginan. Misal, ketika berkendara di bawah guyuran hujan atau kabut, pemilik bisa mengganti dari LED putih menjadi warna yang lebih hangat agar visibilitas ke depan tetap terlihat.

Desain sampingnya berpadu serasi dengan layout di depan. Ada beberapa tumpukan siluet yang membuat skutik ini tampil futuristik. Kedua peleknya menggunakan desain seperti kepunyaan NMax yang kita kenal di Indonesia

Sementara area footrest dibuat rata sehingga pemilik bisa membawa banyak barang bawaan. Bagian dek juga ditata rapi, di situ ada sebuah hook hingga kompartemen khusus untuk menyimpan botol mineral.

Mundur ke belakang, visual yang dihadirkan pada buritan juga menarik. Di sana ada sebuah behel sporty berbentuk tanduk dengan lampu belakang LED minimalis. Tak ada sepatbor konvensional, Augur menggunakan tipe mudguard yang sukses membuat tampilannya semakin unik.

Mengutip laman resmi Yamaha Taiwan, Augur dibekali mesin serupa X Force 155 yang juga dijual di sana. Jantung pacunya berkubikasi 155 cc, SOHC, 4-katup, pendingin cairan, dan injeksi Blue Core serta sokongan VVA. Rancangnya juga mirip dengan kepunyaan Aerox atau NMax di Indonesia.

Tak diketahui berapa output yang dihasilkan dari racikan enjin ini. Sebab Yamaha Taiwan tak menyertakan informasi keluaran tenaga dan torsi yang ada di skutik Yamaha Augur 155.

Kendati demikian, pabrikan mengklaim bila Yamaha Augur memiliki rata-rata konsumsi BBM yang cukup baik yakni di 43,9 liter/liter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur dan Harga

Selain teknologi penerangan canggih berlabel Y-LLA dan Y-AU, skutik berpenampilan mirip alien ini juga dibekali dengan panel meter TFT berwarna latar otomatis mengikuti intensitas cahaya sekitar. Di situ banyak ragam informasi penting dari kendaraan.

Selanjutnya motor ini juga disuntik teknologi Yamaha TWN atau mirip-mirip dengan Y-Connect pada Xmax, NMax, dan Aerox di Indonesia. Lebih lengkap menyoal fiturnya simak rangkuman di bawah ini.

USB Port QC (Quick Charge) 3.0Penerangan Full LEDAnti-lock Braking System (ABS) roda depanTraction Control System (TCS)Smart Keyless 

Yamaha Augur 155 ditawarkan dalam 3 opsi warna yakni Arc Blue, Star Titanium, dan Dark Black. Untuk menebusnya, konsumen Taiwan harus membayar 118.000 dolar Taiwan atau Rp59,95 juta (kurs 1 dolar Taiwan: Rp508 per 21 Desember 2022).

Yamaha Taiwan menjelaskan status penjualan resmi dari Augur akan dilakukan mulai awal 2023. Saat ini perusahaan berlambang garpu tala tersebut baru membuka keran inden. Menurut Anda, apakah Yamaha Augur 155 cocok untuk dijual di Indonesia?

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini