Sukses

Masih Terkendala Chip Semikonduktor, Inden Mazda CX-3 Tembus Setahun

Krisis chip semikonduktor ternyata masih mempengaruhi pengiriman berbagai model mazda di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Krisis chip semikonduktor ternyata masih mempengaruhi pengiriman berbagai model mazda di Indonesia. Bahkan, waktu tunggu alias inden untuk mobil asal Jepang ini ada yang tembus hingga satu tahun, yaitu Mazda CX-3.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Tanah Air mengatakan untuk jumlah yang masih dalam waktu tunggu, sebanyak 1.600 unit.

"Masih (inden) karena microchip dan kekurangan sparepart. Untuk Mazda CX-3 setahun, sedangkan CX-5 bisa 3 sampai 4 bulan," jelas Ricky saat ditemui di sela-sela acara mazda Media Gathering, Senin (12/12/2022).

Sementara itu, untuk tetap menjaga konsumen tidak membatalkan pemesanannya karena unit tiba di Indonesia dalam jangka waktu yang lama, pihak Mazda terus memberikan informasi terkini terkait kendaraan pemesan.

"Dari 1.600 unit, komposisi inden CX-3 sekitar 800an unit. Saya lupa angkanya, mungkin antara 600 sampai 800-an lah. Sedangkan CX-5 sekitar 400 sampai 500-an unit dan sisanya model lain," tambah Ricky.

Mazda sendiri, akan mengejar pengiriman unit pada akhir 2022, hingga tahun depan.

"Pasti (konsumen) ada yang membatalkan (pemesanan) karena butuh mobil cepat dan butuh operasinal. Tapi secara total, itu tidak terlalu banyak, angka pastinya saya tidak terlalu detail," pungkasnya.

Seperti diketahui, Mazda telah meluncurkan varian baru CX-3, yaitu Sport 1.5 L. Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu baru, sehingga harganya menjadi lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

New Mazda CX-3 Sport 1.5 L dilengkapi mesin Skyactive-G 1.5 L berkapasitas 1.500cc. Mesin 4-silinder segaris yang dimilikinya berkapasitas 1.496 cc sanggup menghasilkan tenaga 111 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis Skyactive-DRIVE 6-speed.

Mazda CX-3 Sport 1.5L ditawarkan dalam pilihan warna Polymetal Grey Metallic, Snowflake White Pearl, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, dan Soul Red Crystal Metallic. Dengan harga Rp 339,9 juta berstatus on the road Jakarta.

Namun untuk warna Polymetal Grey (Sport model saja), Soul Red Crystall, dan Machine Grey konsumen harus menambah Rp 4 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.