Sukses

Cuma Ada 88 Unit, Hyperbike AMB 001 Tawarkan Tenaga Buas

AMB 001 telah dipamerkan di EICMA 2022 di Milan, Italia. Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Aston Martin dengan Brough Superior.

Liputan6.com, Jakarta - AMB 001 telah dipamerkan di EICMA 2022 di Milan, Italia. Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara Aston Martin dengan Brough Superior.

Mengutip Visordown, AMB 001 dilahirkan dari ide sebuah hypercar Valkyrie AMR Pro. Informasinya motor ini akan diperjual belikan secara terbatas, yakni hanya 88 unit saja di seluruh dunia. Model terbaru Pro akan mengganti AMB 001 2019 yang secara jumlah unit sudah habis terjual.

"Keberhasilan pendahulunya, mengilhami kami untuk bekerja sama lagi menciptakan superbike baru. Kami sangat bangga dengan tipe mesin baru, dengan bak mesin yang yang sepenuhnya dibuat dari aluminium billet.

Dengan peningkatan daya yang mencolok, membawa AMB 001 Pro ke sektor hyperbike," kata CEO Brought Superior, Thierry Henriette.

Sektor performa ditunjang dengan racikan mesin V-Twin, pendingin cairan, DOHC, 8-katup, 2-silinder, turbocharged, dengan isi kubikasi 997 cc. Outputnya mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 225 daya kuda atau lebih besar 42 daya kuda dari model sebelumnya.

Tenaga sebesar itu kemudian disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 6-percepatan dengan sistem kopling APTC hidrolik dan penggerak rantai.

Aston Martin mengklaim bahwa rasio power-to-weight dari AMB 001 mirip dengan mobil Formula 1 milik perusahaan itu sendiri. Secara total, motor ini hanya memiliki bobot kering di 175 kilogram.

Soal sistem kaki-kakinya, di bagian depan dibekali dengan mekanisme fork aluminium tipe Fior dengan triangular link yang dirangkai secara monoshock dengan travel 112 mm.

Sementara di belakang menggunakan swing arm berbahan alumunium dengan suspensi model monoshock lengkap setelan preload yang dapat disesuaikan dan redaman rebound, link tingkat progresif, dan travel mencapai 124 mm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Bisa Dipesan

Untuk menyesuaikan performanya, motor ini dijejali dengan cakram ganda 320 mm di depan yang masing-masin kaliper berjumlah 4 piston. Adapun pada roda belakang dikawal cakram tunggal 230 mm dengan kaliper 2 piston.

Selain sisi performa dan kaki yang mumpuni, AMG 001 Pro juga punya bentuk visual yang menarik. Desainnya mengimpretasikan sebuag aerodinamika tinggi dengan komponen spoiler depan dan sayap samping baru.

Untuk menjaga keseimbangan dan aerodinamis motor saat dipacu dengan kecepatan tinggi, struktur bodi depan sengaja dirancang untuk membelokkan udara ke atas pengendara.

Cara kerjanya, aliran udara akan masuk melalui intake besar yang terintegrasi ke sayap depan, kemudian melewati cowl depan untuk dibelokkan melalui windshield dinamisnya.

Sekadar informasi, unit hyperbike AMB 001 yang ditampilkan di EICMA 2022 Milan sejatinya masih berstatus prototipe.

Namun produsen sudah membuka keran pemesanannya dan proses pengiriman model produksi akan dilakukan paling cepat pada kuartal 4 2023 mendatang.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini