Sukses

Presiden Cina Xi Jinping Bawa Limosin Hongqi N701 untuk Menghadiri KTT G20

Presiden China Xi Jinping tiba di Denpasar, Bali untuk menghadiri KTT G20. Pesawat Air China yang ditumpangi oleh Xi dan rombongan tiba pada pukul 15.01 WITA (14/11/2022).

Liputan6.com, Denpasar -- Presiden China Xi Jinping tiba di Denpasar, Bali untuk menghadiri KTT G20. Pesawat Air China yang ditumpangi oleh Xi dan rombongan tiba pada pukul 15.01 WITA (14/11/2022). 

Xi Jinping rupanya lebih memilih menggunakan mobil kepresidenannya sendiri untuk menghadiri KTT G20. Mobil yang digunakan adalah limosin Hongqi N701 yang dibuat di Cina. Limosin yang ditumpangi Xi Jinping terlihat menuju arah keluar bandara, dikawal oleh mobil lain.

Dilansir carnewschina.com, limosin ini pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada bulan Juli 2022 lalu. Desain N701 cenderung sleek dan discreet, mengusung tampilan serba mewah. Fascia depan didominasi oleh grill bergaris vertikal yang besar, menyambung ke lampu depan pipih. Bagian bawah bumper terlihat aksen krom memanjang.

Sisi samping melanjutkan nuansa premiumnya dengan banyak warna krom, termasuk pelek bawaannya. Sektor ini juga menunjukkan bahwa N701 mempunyai bagian penumpang belakang lebih panjang dan besar.

Penggunaan warna krom juga diteruskan ke sektor buritan, mencakup lampu belakang dan bumper. Beberapa detail tampilan lainnya termasuk sepasang knalpot menyerupai bentuk trapresium dan antena sirip hiu di atapnya. 

Desain serba premium ini sekilas terlihat merupakan hasil dari campuran berbagai mobil premium lainnya, seperti Toyota Century, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Khusus merek yang ketiga bisa menjadi alasan kenapa Hongqi N701 cukup terlihat familiar sebagai mobil premium.

Aroma mobil Eropa begitu kental pada mobil Xi Jinping karena sang desainer berasal dari Inggris. Mengutip situs faw.com, Giles Taylor, mantan desainer Rolls Royce, sejak bulan September 2018 telah menjadi Global Vice President of Design and Chief Creative Officer (CCO) untuk brand Hongqi milik FAW di Tiongkok.

Beberapa desain mewahnya tercerminkan pada produk Hongqi saat ini, mulai dari sedan Hongqi H9 hingga SUV elektrik Hongqi E-HS9.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Misterius

Sama seperti “The Beast” milik Amerika Serikat, spesifikasi Hongqi N701 masih belum banyak terungkap. Bahkan beberapa spekulasi terhadap spesifikasi mobil ini terbilang minim di internet.

Situs Car News China memprediksi mobil ini dibenamkan mesin V12 atau V8 yang bertenaga di dalam kap mesinnya. Sebagai patokan, SUV Hongqi LS7 mengusung mesin 4.000cc V8 turbo dengan output 360 hp dan torsi 550 Nm.

Beberapa spekulasi lainnya adalah bodi dan kaca anti peluru untuk melindungi penumpang di dalamnya.

Yang menarik nama “N701” berupa kode sebutan untuk mobil ini, bukan nama resminya. Hongqi juga dikabarkan cuma memproduksi N701 sebanyak 50 unit untuk 10 tahun kedepan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.