Sukses

Ketahui 5 Langkah Jitu Ini Agar Biaya Perawatan Mobil Tak Semakin Membengkak

Liputan6.com, Jakarta Ketika memiliki mobil, itu tandanya kita harus menyiapkan segala macam biaya perawatan yang akan timbul seiring dengan waktu pemakaiannya. Apalagi, jika memiliki mobil yang dijadikan kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, perawatan yang akan dilakukan tidaklah mudah dan murah.

Jika itu yang terjadi, kita harus siap-siap untuk membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan mobil. Untuk mencegah biaya yang semakin membengkak, kita harus melakukan perawatan secara rutin agar kerusakan pada mesin kendaraan dapat diminimalisir.

Pasalnya, jika kita tidak melakukan perawatan secara rutin, mesin mobil akan mudah mengalami kendala. Dan jika mesin mobil sudah tidak sehat dan seringkali trouble, biaya yang akan kita keluarkan akan semakin membengkak.

Untuk menekan biaya perawatan mobil agar tidak membengkak, langkah di bawah ini bisa dilakukan agar biaya perawatan mobil semakin hemat ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

1. Selalu Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Salah satu kebiasaan yang sudah dilupakan oleh sebagian besar pemilik kendaraan adalah langkah ini. Padahal, langkah ini terbilang salah satu cara mudah untuk menjaga performa mesin lho! 

Langkah ini dilakukan untuk persiapan dalam sistem pengapian dan kelistrikan mobil agar performa tetap terjaga. Kita bisa luangkan waktu 5 hingga 10 menit untuk memanaskan mobil yang akan digunakan ya!

2. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar yang tepat akan memengaruhi performa mesin kendaraan. Karena setiap mobil memiliki spesifikasi mesin yang berbeda, kita harus memilih bahan bakar yang tepat untuk digunakan.

Dengan menggunakan bahan bakar yang tepat, akan memengaruhi performa mesin jauh lebih baik. Selain itu, ketika memilih bahan bakar yang tidak tepat, mesin mobil akan menjadi kotor dan seiring berjalannya waktu akan menimbulkan kerusakan.

3. Rutin Periksa Tekanan Angin Ban

Sebagian pemilik kendaraan, kerap menganggap remeh permasalahan pada ban mobil. Padahal, ban mobil bisa memengaruhi performa mesin lho! Jika tidak dilakukan langkah cepat, akan menimbulkan biaya yang semakin membengkak.

Seringkali, pemilik kendaraan mengendarai mobil dengan ban yang memiliki tekanan angin rendah, itu akan berpengaruh kepada efektivitas penggunaan bahan bakar. Selain itu, ketika tekanan udara rendah, retak-retak pada ban akan bermunculan.

Untuk itu, kita harus rutin memeriksa tekanan angin pada ban secara berkala agar biaya perawatan mobil di kemudian hari tidak semakin membengkak. Selain juga untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara ya!

4. Rutin Servis Mobil

Langkah ini menjadi langkah yang sangat penting untuk menekan biaya perawatan mobil. Servis yang dilakukan secara rutin akan menguntungkan kita sebagai pemilik kendaraan lho! Karena mesin mobil akan terjaga dengan baik performanya. 

Pasalnya, jika kita jarang melakukan servis secara rutin, risiko mesin mobil akan rusak sangat besar. Dan itu bisa menjadikan biaya perawatan semakin membengkak. Untuk itu, servis secara rutin harus dilakukan.

5. Rutin Ganti Oli 

Salah satu aspek penting dalam menjaga performa mesin mobil adalah dengan mengganti oli secara rutin. Oli merupakan cairan pelumas mesin yang memiliki peran vital dan tak tergantikan untuk menjaga dan meningkatkan performa mesin mobil.

Keberadaan oli sangat berkaitan dengan aspek mesin dalam mobil. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin mobil lho! Untuk itu, jika kita sudah mengendarai mobil lebih dari 5.000 km, kita harus mengganti oli mobil.

Salah satu oli yang bisa kamu jadikan pilihan utama dalam menghemat perawatan mobilmu adalah Shell Helix Extend 0W-40. Shell Helix Extend 0W-40 memiliki jeda pergantian oli lebih panjang hingga dibanding oli lainnya.

Selain itu, Pelumas Carbon Neutral full sintetis ini terbuat dari 99,5 persen gas alam yang melindungi mesin mobil lebih lama dengan kekentalan yang terjaga dan ikatan molekul yang lebih kuat. Selain itu, Shell Helix Extend 0W-40 juga memiliki volatilitas rendah yang mengurangi penguapan dan menghemat penggunaan oli, sehingga lebih awet.

Shell Helix Extend 0W-40 juga memiliki Active Cleansing Technology yang membuat mesin mobil tetap bersih dan terjaga, sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien, bahkan pada kondisi jalanan yang berat. Bahkan, biasanya oli hanya bertahan dari 5.000 km hingga 10.000 km saja, tapi Shell Helix Extend 0W-40 bisa membuat kinerja mesin mobil tetap sempurna hingga 20.000 km.

Terakhir, Shell Helix Extend 0W-40 dapat memberikan performa mesin mobil kuat tahan lama dengan Self-Rejuvenation Technology yang akan membentuk ekosistem peremajaan oli untuk meningkatkan kinerja pada mobil lho!

Nah, itu tadi 5 langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya perawatan mobil. Yang terpenting dari semuanya adalah bagaimana kita bisa disiplin dalam melakukan perawatan mobil dan selektif dalam memilih apa yang dibutuhkan mesin mobil, salah satunya oli. Saatnya gunakan Shell Helix Extend 0W-40 agar performa mesin mobil terjaga dengan baik!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS