Sukses

Kunci Gelar Juara Dunia F1 2022, Max Verstappen Puas dengan Performa Mobil

Jet darat RB16B sukses membantu Max Verstappen mengunci gelar Juara Dunia F1 2022 saat F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka

Liputan6.com, Jakarta - Jet darat RB16B sukses membantu Max Verstappen mengunci gelar Juara Dunia F1 2022 saat F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2022). Meski masih menyisakan beberapa seri, poin pembalap andalan Red Bull Racing itu sudah tak terkejar pesaing terdekatnya.

Ini merupakan titel kedua sebagai pembalap Juara Dunia F1 bagi pembalap asal Belanda ini, sekaligus mempertahankan gelar setelah pada 2021 berhasil meraih gelar juara dunia pertamanya.

“Melihat dominasi podium dan kemenangan 12 kali selama musim 2022 sangatlah pantas bagi Max Verstappen menyandang gelar juara dunia Formula 1 lagi untuk kedua kalinya. Apalagi didukung oleh tim yang solid dan profesional, serta dukungan penuh dari Mobil Lubricants,” ujar Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dalam keterangan resminya.

Kemenangan yang mengejutkan bagi Max Verstappen, akibat Charles Leclerc mengambil jalan pintas saat menahan kejaran Sergio Perez di lap terakhir, sehingga membuatnya keluar lintasan dan mendapat penalti 5 detik, serta posisi podium kedua diambil alih oleh Perez.

“Sangat senang kita bisa menguasai balapan. Meskipun sangat sulit untuk membalap di sini dengan cuaca hujan. Mobil sangat kencang, dan sangat spesial melakukannya di depan para penggemar di Jepang,” ujar Verstappen

Verstappen mengucapkan terima kasih kepada semua yang berkontribusi atas kesuksesan yang diraih. “Titel kedua ini lebih indah dengan sepanjang musim yang kita lalui,” tegas pembalap berusia 25 tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persaingan Posisi Dua

Sepanjang musim F1 2022, Verstappen 14 kali naik podium dan 12 di antaranya adalah kemenangan. Mulai dari Arab Saudi, Emilia Romagna, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, Prancis, Hungaria, Belgia, Belanda, Italia, kemudian Jepang.

Padahal masih ada empat seri lagi yang harus diselesaikan, dan persaingan titel runner up juara dunia F1 kini akan berlanjut antara Perez dan Leclerc.

Perez yang kini bertengger di posisi dua klasemen mengakui bahwa balapan kali ini sangat menegangkan dengan kondisi basah sepanjang lintasan. “Sejauh ini sesuai harapan, dan kita harus tetap menjaga momentum hingga musim berakhir,” jelas pembalap asal Meksiko ini.

Atas keberhasilan Verstappen dan Perez, Sri Adinegara mengatakan bahwa kini persaingan posisi dua di klasemen dikuasai oleh Sergio Perez yang juga pembalap Tim Red Bull Racing.

“Masih ada empat seri lagi dan tim mengejar titel Juara junia konstruktor di US Grand Prix yang digelar di Austin pada 23 Oktober mendatang,” tukas Sri Adinegara.

Di klasemen juara dunia 2022, Max Verstappen mengamankan gelar juara dunia dengan perolehan poin sementara sebesar 366 poin, di posisi kedua ada Perez dengan 253 poin. Perez hanya terpaut tipis 1 poin di posisi 3 dengan Charles Leclerc yang memiliki 252 poin.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.