Sukses

Modifikasi Jangan Sembarangan, Faktor Fungsi dan Safety Jadi yang Paling Utama

Liputan6.com, Jakarta - Tren modifikasi di Indonesia semakin berkembang, baik di kendaraan roda empat ataupun roda dua. Bahkan hasil kreativitas dari bulder atau modifikator asli Tanah Air, sudah banyak yang diakui dunia.

Menurut Veroland, salah satu builder top Indonesia yang juga punggawa Kickass Choppers mengatakan, seni modifikasi adalah sebuah kreativitas. Namun, tetap tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan, seperti fungsi dan safety alias keselamatan.

"Modifikasi itu, jangan sampai fungsi dan performance-nya berkurang. Berikutnya baru hal lain, terserah yang punya. Misalkan kenyamanan, karena itu relatif," ujar pria yang akrab disapa Vero, dalam Garage Life, di Jakarta, Minggu (10/10/2022).

Lanjutnya, berbicara soal safety juga berhubungan dengan kapasitas sepeda motor. Misalkan, sesuaikan dengan struktur asli sepeda motornya, karena jangan sampai rancangan modifikasinya malah tidak sesuai dengan keamanan dan keselamatan saat digunakan.

"Ketika modifikasi harusnya lebih baik. Misal lebih enteng tapi kuat, dari tadinya tipis jadi lebih tebal, tapi tidak berat. Itulah indahnya modifikasi," tambah Vero.

Untuk diketahui, Veroland merupakan modifikator pertama dari Indonesia yang mengikuti American Motorcycle Dealer World Championship of Custom Bike Building di tahun 2018.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Modifikasi motor besar

Veroland dikenal dengan bakatnya memodifikasi berbagai macam jenis motor dan mobil, khususnya dalam seni men-“chop” motor-motor CC besar. Berkat kemampuannya, pria yang akrab disapa Vero ini sering kali diuandang menjadi tamu di event-event dalam dan luar negeri.

Setelah bertahun-tahun menekuni hobinya, Vero membuat bengkelnya sendiri yang bernama KickAssChoppers, untuk membuat modifikasi berbagai kendaraan bermotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.