Sukses

Bukan Cuma Lifestyle, Ini 4 Manfaat Mobil Listrik sebagai Kendaraan Sehari-hari

Mobil listrik sendiri memiliki sejumlah kelebihan yang tak terdapat pada kendaraan berbasis bahan bakar minyak.

Liputan6.com, Jakarta Terhitung sejak beberapa tahun terakhir, sudah banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia yang menghadirkan mobil listrik kepada pelanggan setianya. Hal ini pun selaras dengan campaign sosial dari berbagai pihak tentang menghemat emisi karbon serta green habit lainnya.

Bukan cuma sekadar lifestyle, mobil listrik sendiri memiliki sejumlah kelebihan yang tak terdapat pada kendaraan berbasis bahan bakar minyak. Lantas, apa saka manfaat mobil listrik sebagai kendaraan sehari-hari?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menghemat Biaya Operasional

Satu hal yang cukup menggiurkan, mobil listrik memiliki biaya operasional yang ramah di kantong. Hal ini bisa terjadi lantaran tenaga lisrik jauh lebih efisien dan bertenaga dibanding bahan bakar minyak.

Rata-rata, dalam satu kali pengisian daya mobil listrik bisa 50% lebih sedikit dibanding pengisian bahan bakar minyak. Bahkan, pabrikan mobil listrik pun mengklaim jika rata-rata jarak tempuh dari mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 300 kilometer dalam satu kali pengisian daya. Hal ini bisa lebih murah dibanding bahan bakar minyak lantaran jika dikalkulasikan, biaya isi daya bateri mobik listrik hanya memerlukan uang sekitar Rp 75 ribu per 120 kilometer.

3 dari 5 halaman

Mengurangi Jejak Karbon

Asap, polusi, karbonmonoksida, dan limbah industri menjadi salah satu jejak karbon yang bersifat destruktif kepada bumi. Untuk itu, semua pihak wajib melakukan green habit demi melestarikan bumi.

Mengendarai mobil listrik pun menjadi salah satu cara yang tepat lantaran lebih ramah lingkungan. Berbeda dengan kendaraan berbahan bakar minyak, mobil lisrik tak menghasilkan polusi berkat minimnya pembakaran pada mesin.

4 dari 5 halaman

Perawatan yang Cenderung Lebih Mudah

Perlu ketelitian dalam merawat mesin mobil konvensional dengan banyaknya elemen seperti pelumasan, pembakaran, radiator, dan lain sejenisnya. Sementara itu, mobil listrik memliki sistem mesin yang jauh lebih sederhana dan tak serumit mobil konvensional.

Dengan benefit tersebut, pengguna bisa melakukan perawatan mobil listrik dengan cara yang lebih mudah. Servis rutin mobil listrik pun bisa dilakukan ketika jarak yang ditempuh mencapai 10.000km.

5 dari 5 halaman

Performa Lincah di Jalanan

Tak mau kalah dengan kendaraan konvensional, mobil listrik tetap memiliki akselerasi dan performa bandel di jalanan. Pembakaran pada mesin pun semakin efisien sehingga memunculkan kecepatan pada mobil yang tak berbanding lurus dengan borosnya bahan bakar.

Punya harapan untuk berganti kendaraan pada tahun ini? Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan beralih ke mobil listrik memiliki sejumlah manfaat baik bagi diri sendiri, finansial, serta bumi tercinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.