Sukses

Bingung Pilih Mobil SUV atau MPV? Coba Pertimbangkan 3 Bagian ini!

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pasar otomotif yang potensial, Indonesia banyak digempur berbagai merek dan jenis mobil. Mulai dari mobil LCGC, Hatchback, Sedan, Crossover, SUV dan MPV serta mobil listrik yang menjadi tren baru. Dari semua jenis, SUV dan MPV masih menjadi mobil yang paling laris manis dipilih masyarakat Indonesia.

Penyebabnya adalah orang kita yang cenderung menyukai mobil berkapasitas penumpang lebih banyak dan disokong mesin yang kuat untuk melalui rute-rute jalan dalam maupun luar kota di Indonesia. Meskipun menjadi mobil yang paling dicari, sering kali masyarakat masih bingung antara memilih SUV atau MPV sebagai kendaraan andalan sehari-hari. Khususnya bagi mereka yang belum tahu banyak perbedaannya.

SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle. Sesuai namanya, mobil ini termasuk jenis kendaraan yang memiliki mesin lebih bertenaga. Karena itu, bodi mobil, kekuatan, dan kapasitas mesin disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan yang lebih sporty.

Pada umumnya, desain mobil ini memiliki rancangan yang besar, tangguh, dan cocok digunakan di segala medan. Sementara itu, mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah jenis mobil yang dirancang sebagai mobil keluarga. Dengan tenaga mesin yang disesuaikan untuk jalur perkotaan. Berbeda dari mobil SUV, mobil MPV lebih mengutamakan kenyamanan selama berkendara sehingga kebanyakan desainnya pun lebih elegan.

Berikut beberapa perbedaan umum dari mobil SUV dan MPV:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bodi Mobil

Perbedaan pertama yang langsung terlihat adalah dari bodi mobil, mobil SUV memiliki bodi yang lebih tangguh. Mobil SUV juga memiliki ground clearance atau tinggi di atas 200 mm karena disematkan dengan ban besar dan pelek minimal 15 inci. Kontur ban juga dibuat dengan alur kotak-kotak, sehingga mobil yang dipakai tidak gampang tergelincir di medan atau jalan licin.

Sedangkan untuk mobil MPV, bodinya cenderung dirancang dengan desain sederhana namun elegan, sehingga pas dikendarai bersama keluarga. Jenis ban maupun pelek yang dipakai juga dalam ukuran standar. Kontur ban juga tidak sekasar ban SUV, karena mobil ini tidak dirancang untuk medan sulit, melainkan untuk jalan halus di kota-kota.

Kapasitas Mesin

Mobil SUV memiliki kapasitas mesin yang cukup besar yakni di atas 1.500 cc. Mobil jenis lebih percaya diri saat melewati jalan bergelombang, berkerikil dan semi offroad. Sementara untuk mobil MPV umumnya memiliki mesin berkapasitas di bawah 1500 cc.

Bahan Bakar

Mobil SUV biasanya lebih boros dalam penggunaan bahan bakar, itu karena mobil ini punya fitur canggih di tiap komponennya. Ditambah ada pengguna penggerak empat roda yang membuatnya lebih menguras daya. Sedangkan pada mobil MPV, dirancang dengan sistem pengelolaan bahan bakar yang lebih irit. Meskipun sekarang bermunculan mobil-mobil SUV dengan teknologi bahan bakar irit, tapi secara umum MPV masih unggul sedikit.

Dari 3 bagian penting dalam membedakan mobil SUV dan MPV tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Bila dilihat dari segi harga, sejatinya antara mobil SUV dan MPV memiliki harga yang bervariasi tergantung kategori mobil. Hanya saja, mobil SUV memang dikenal lebih premium sehingga secara umum memiliki harga pasaran lebih tinggi dari MPV.

Untuk kamu yang lebih memprioritaskan rasa nyaman untuk keluarga, biasanya mobil MPV jadi pilihan pertama. Selain nyaman bahan bakarnya juga lebih irit. Namun, kalau kamu mau punya mobil yang terlihat lebih gagah, lebih bertenaga dan memang rute harian kamu cukup menantang, mobil SUV jawabannya.

 

Penulis: Akbar Gilang

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS