Sukses

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Sering Unjuk Gigi, Kapan Mulai Dijual?

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sudah sering memperlihatkan keunggulan truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter. Tak hanya dipamerkan saja, truk listrik ini pun sudah diuji coba di Bali.

Uji coba yang dilakukan oleh KTB ini adalah bentuk dukungan yang lebih besar dalam proses transisi menuju pengurangan emisi dalam industri transportasi, sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.

Truk listrik ini digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan mendukung pengiriman dengan rute di daerah Denpasar, Bali. Dari aktifitas ini, KTB dan MFTBC berharap dapat mengumpulkan data dan masukan berharga mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya selama tahap eksplorasi ini.

Lantas, apakah truk listrik ini akan dijual di Indonesia? Bayu Aprizal, selaku General Manager Product PT KTB memberikan tanggapannya saat ditemui di GIIAS 2022.

"Mengenai eCanter kapan dijual, prinsipnya kita sedang melalui proof of concept, keputusan mengenai penjualan eCanter kita masih pelajari. Jadi kami belum bisa memutuskan, tapi pada intinya POC ini akan kami lakukan secara detail dan aktual. Diharapkan ada beberapa improvement yang bisa bekrontribusi pada pengembangan produk ke depan, ungkap Bayu.

"Ini teknologi baru dan fasilitasnya harus memungkinkan, infrastruktur dan fasilitas lain. Untuk sekarang kami masih dalam proses POC study. Tapi diharapkan mungkin kalau semua ideal kita akan menuju ke arah sana," pungkas Bayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mitsubishi Fuso Boyong Empat Model ke GIIAS 2022

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) turut meramaikan GIIAS 2022 dengan memboyong sejumlah line up andalannya, serta memamerkan truk listrik. Sedikitnya ada empat unit yang mejeng di booth dengan konsep 'Power for The New Era' itu.

Model pertama yang ditampilkan adalah Fighter X FN 62FHDR dengan tambahan Mining Equipment berupa PTO, Radiator Guard, Rotary Lamp dan dua tambahan fitur baru yaitu Engine Hour Meter & Air Conditioner.

Berikutnya ialah Canter FE 84GBC yang merupakan bus hasil kolaborasi dengan PT. Bagong Dekaka Makmur sebagai konsumen setia Mitsubishi Fuso.

Model ketiga adalah Canter FE 71Long, dengan ROH yang telah diperpanjang dari 1,3 meter menjadi 2 meter, sehingga panjang totalnya menjadi 6,4 meter.

Dengan dimensi yang lebih panjang, varian populer ini mampu menampung muatan yang lebih banyak dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien untuk mendukung bisnis konsumen khususnya di sektor logistik di perkotaan.

Pada unit ini dipasang layar LED yang menampilkan video operasional dari konsumen pengguna Canter FE 71Long.

Dan unit terakhir yang dipajang adalah truk listrik eCanter yang merupakan kendaraan komersial listrik pertama yang diproduksi secara massal di Jepang. Mitsubishi FUSO membawa eCanter ke Indonesia untuk menunjukkan bahwa eCanter siap secara teknis.

Menariknya, Mitsubishi Fuso memberikan kesempatan pengunjung GIIAS 2022 untuk melakukan test ride e-Canter.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS