Sukses

Cara Merawat Bodi Sepeda Motor Agar Selalu Tampak Baru

Merawat sepeda motor, memang tidak hanya menjaga performa mesin dan komponen lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Merawat sepeda motor, memang tidak hanya sekadar menjaga performa mesin dan komponen lainnya. Perhatikan juga bodi sepeda motor, agar tampilan roda dua kesayangan tetap enak dilihat dan tambak selalu baru.

Ada beberapa cara untuk merawat bodi motor, seperti yang diuraikan oleh Diler Yamaha PT Thamrin Brother (Sumatera Selatan & Bengkulu), yang bisa dilakukan di rumah:

1. Parkir motor di tempat teduh

Biasakan untuk memarkirkan motor di tempat yang teduh seperti di bawah bangunan, di bawah pohon atau lain sebagainya, yang terpenting tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung.

Walau memang terlihat sepele, ternyata sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari bisa merusak cat motor terlebih jika sebelumnya terkena sinar matahari lalu terkena air hujan. Memang tidak langsung terlihat dampaknya namun jika terlalu sering maka cepat atau lambat akan berefek ke body motor.

2. Cuci motor secara berkala

Saat musim penghujan tiba, cobalah untuk melakukan pencucian motor dengan berkala, karena demi menjaga penampilan dan kenyamanan saat membawa motor. Jika Anda orang yang sibuk, cobalah gunakan jasa cuci motor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan shampoo khusus cuci motor

Alangkah baiknya jika Anda menggunakan shampoo khusus yang memang diperuntukkan buat cuci motor, sehingga kelembaban motor dan cat bisa tetap terjaga dengan baik dan benar, serta bisa terawat dengan optimal.

4. Hindari penggunaan stiker berkualitas buruk 

Menggunakan dan memasang stiker pada sepeda motor bisa membuat motor tampil menjadi lebih keren. Akan tetapi, faktanya, penggunaan stiker justru kurang baik untuk cat motor itu sendiri.

Mengapa demikian? Karena dengan penggunaan stiker tersebut, bisa menimbulkan bekas lapisan cat dan bisa ikut terkelupas juga. Sebaiknya, jika memang ingin menggunakannya, cobalah untuk membeli dan pasang stiker yang berkualitas.

5. Gunakan lap berbahan microfiber

Penggunaan lap micro fiber merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk merawat cat body motor, kalian cukup membasahi kain tersebut menggunakan sedikit air dan menyapunya pada body motor secara menyeluruh, Hal ini bertujuan untuk membuang jamur yang ada di body motor terlebih saat motor terkena air hujan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.