Sukses

Jalani Balapan Sulit di F1 GP Inggris 2022, Pembalap Red Bull Racing Amankan Poin Penting

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap tim Red Bull Racing F1, Sergio Perez, mendapatkan poin penting usai finis kedua di F1 GP Inggris 2022 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (3/7/2022). Ia cukup puas dengan hasil yang diperoleh.

"Hasil balapan yang bagus buat saya dan tim meski awali pekan balapan cukup berantakan. Secara fisik saya tak 100 persen sehat, dan setelah lap pertama sempat tertinggal, namun bisa podium kedua merupakan hasil luar biasa," ujar Sergio Perez.

Dirinya juga mengaku, untuk mendapatkan posisi tersebut bukan hal mudah karena ia sempat mengalami insiden kecil saat bersenggolan dengan mobil Charles Leclerc. Hal tersebut mengakibatkan sayap bagian depan patah, dan harus segera melakukan perbaikan.

"Kami harus bersaing untuk bisa memperbaiki posisi, dan sangat senang meraih hasilnya," aku Perez.

"Detak jantung saya sangat tinggi pada lap terakhir, ini merupakan balapan yang paling penting, dan saya tidak menyerah," sambung pembalap asal Meksiko tersebut.

Tambahan poin ini membuat posisi Perez kian dekat dengan pemuncak klasemen sementara F1 2022, Max Verstappen, yang tak lain rekan satu timnya. Saat ini, keduanya terpaut 34 poin.

Sementara Verstappen dalam balapan itu harus puas finis di urutan tujuh (7). Jet darat RB18 yang ia kemudikan kehilangan aero dinamika akibat terdampak sisa tabrakan pembalap lain di awal perlombaan.

Dirinya memperkirakan, ada puing-puing sisa tabrakan yang tersangkut di bagian bawah kendaraan. "Sepertinya pecahan serat karbon, dan ban mobil seperti bocor karena kehilangan keseimbangan dan oversteer. Hal ini membuat mobil sulit dikendarai, dan saya mencoba menemukan keseimbangan aero yang baik tetapi sulit," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gagal Podium Ganda

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menyebutkan, kedua pembalap memiliki potensi untuk kembali raih podium ganda di Sirkuit Silverstone.

Namun insiden tak bisa dihindari melihat persaingan yang kian tinggi di pertengahan musim,dan insiden menimpa Zhou Guanyu di tikungan pertama selepas start menunjukkan begitu bahayanya balapan ini.

"Meski Segio Perez alami kendala, namun bisa segera memulihkan posisi untuk bisa finis posisi kedua. Sementara Max Verstappen alami kerusakan di bawah mobil, dirinya tetap berusaha membawa pulang poin," jelasnya.

"Apreasiasi bagi kedua pembalap yang terus berupaya memberikan hasil maksimal bagi tim, dan saat ini Verstappen dan Perez berada di posisi 1 dan 2 klasemen Juara Dunia F1 2022 untuk memperebutkan titel juara dunia musim 2022," Sri Adinegara menambahkan.

Lebih lanjuut dirinya berharap, kedua pembalap dapat memperoleh hasil lebih baik pada seri balapan berikutnya yang akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, 10 Juli mendatang.

“Kami berharap balapan selanjutnya pembalap dan tim dapat bekerja sama mendapatkan hasil yang terbaik. Tentunya kembali meraih podium ganda akan menjadi hasil yang membanggakan bagi Mobil™ Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1.” tutup Sri Adinegara.