Sukses

Volvo Mulai Lakukan Pengujian Truk Berbahan Bakar Hidrogen

Liputan6.com, Jakarta - Pasca memperkenalkan beberapa rangkaian truk listriknya, Volvo, kini memperluas visi mereka dengan melakukan terobosan baru. Pabrikan otomotif asal Swedia ini, kedapatan tengah melakukan uji coba terkait truk dengan bahan bakar hidrogen.

Meski hal ini terkesan baru bagi mereka, namun Volvo menolak informasi tersebut. Menurutnya, ini merupakan teknologi yang telah dikembangkan pada satu dekade terakhir. Program ini hadir untuk memperluas jangkauan kendaraan listrik dengan modifikasi sel bahan bakar yang memecah bensin menjadi gas hidrogen.

Dalam pengembangannya, Volvo, telah menyematkan teknologi ini untuk digunakan pada kendaraan semi trailer. Pengujian yang dilakukan ini berfokus pada menambah daya stabil pengangkut berat tanpa emisi knalpot yang menggunakan baterai dan biogas.

Melalui informasi resminya, truk ini memiliki jangkauan yang sama dengan truk diesel pada umumnya, di mana bisa menempuh jarak hingga 1.000 kilometer dan didukung dengan sepasang sel bahan bakar hidrogen on board yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 30 kW atau setara 31 tk.

"Kami telah mengembangkan teknologi ini selama beberapa tahun, sekarang dan rasanya luar biasa melihat truk pertama berhasil berjalan di trek pengujian. Kombinasi baterai listrik dan listrik sel bahan bakar akan memungkinkan pelanggan kami untuk sepenuhnya menghilangkan emisi gas buang CO2 dari truk mereka, apa pun tugas transportasi," jelas Roger Alam, Presiden Volvo Trucks.

Untuk menjalankan pengujian ini, Volvo, tidak hanya berjalan sendirian. Tetapi, mereka juga turut bermitra dengan beberapa pabrikan lain seperti Toyota, Hyundai, dan perusahaan seperti Nikola. Meski ini telah diperkenalkan dan program tengah dijalankan, namun beberapa pihak masih mempertanyakan terkait infrastruktur pengisian bahan bakar yang dapat diimplementasikan pada skala yang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Supercar Listrik Lexus Mejeng di Goodwood Festival of Speed 2022

Produsen mobil mewah Lexus, kembali menggebrak panggung Goodwood Festival of Speed yang digelar di Inggris dengan menghadirkan supercar listrik terbarunya. Melalui event ini, Lexus, menampilkan unit dengan tampilan yang begitu futuristik.

Kehadiran supercar listrik Lexus ini tentunya menjadi sebuah trigger baru bagi mereka. Terlebih setelah 10 tahun lalu, model paling prestisius milik mereka yakni LFA hadir dan belum mendapat penerusnya.

Meski secara utuh mereka telah menampilkan model tersebut pada ajang Goodwood Festival of Speed, namun konsumen yang tertarik rasanya harus bersabar. Hal ini disebabkan mereka baru akan merilis model ini pada 2030 mendatang.

Dalam penampilan perdananya tersebut, Lexus, telah menjanjikan bahwa model ini akan mewarisi beberapa keunggulan yang khas dari pabrikan asal Jepang ini. Dalam informasinya, produsen mobil dengan huruf L ini menjanjikan rasa berkendara supercar yang lebih baik serta kinerja yang lebih memuaskan.

"Pengejaran tak berujung dari tanda tangan mengemudi Lexus akan pindah ke tahap berikutnya melalui pengembangan EV baterai sport baru. Supercar listrik Lexus ini menjadi lambang bagi perusahaan dalam masa depan," jelas Koji Sato, Chief Branding Officer Lexus, dalam keterangan resminya.

Tidak hanya menampilkan mobil yang belum ada namanya ini, tetapi pada ajang Goodwood Festival of Speed mereka juga turut menampilkan dua model andalannya yakni SUV RZ 450e dan crossover UX 300e.