Sukses

Harga Beda Ratusan Ribu, Mending Daihatsu Sirion atau Rocky?

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Sirion generasi terbaru resmi diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu. Pada penyegaran ini, Sirion disematkan berbagai perubahan di bagian tampilan dan fitur.

City car hatchback ini mengambil basis dari Perodua Myvi facelift di Malaysia, namun dengan penyesuaian improvement yang lebih cocok untuk orang Indonesia.

Atas perubahan tersebut harga Daihatsu Sirion facelift mengalami penyesuaian, yakni Rp 227,6 juta untuk varian X, lalu Rp 236,8 juta untuk tipe termahal Sirion R CVT.

Varian new Sirion X mempunyai harga cukup dekat dengan SUV Daihatsu Rocky 1.2 X CVT. Meski berbeda segmen, dari keduanya mana yang lebih unggul dan menarik untuk dipinang?

Eksterior

Untuk membandingkannya, dimulai dari sisi luar. Daihatsu Sirion dan Rocky mengusung desain konsep yang berbeda. Sirion tampil layaknya city car modern dengan berbagai sentuhan sporti melalui desain bodi penuh dengan tarikan garis tegas dan bodykit bernuansa racing.

Sebaliknya Daihatsu Rocky menyandang wujud kekar dan tangguh, layaknya mobil SUV. Mobil ini mempunyai bodi dan ground clearance tinggi yang lebih cocok digunakan di kondisi jalan beragam.

Secara fitur, kedua mobil ini tidak jauh berbeda. Daihatsu Sirion dan Rocky sama-sama sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, keyless entry, serta antenna belakang berbentuk sirip hiu.

Perbedaan terletak pada bagian pelek dan pencahayaan. Daihatsu Sirion facelift mempunyai pelek two tone, namun tidak dilengkapi lampu kabut. Sebaliknya Daihatsu Rocky tipe ini mengusung pelek single tone, namun punya lampu kabut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Interior

Bagian interior Daihatsu Sirion dan Rocky bisa dibilang berbeda dari segi desain, tapi cukup sebanding dari segi fitur.

Daihatsu Sirion mempertahankan bentuk interior yang sama dengan model sebelumnya, namun mendapatkan berbagai perubahan minor. Paling utama adalah speedometer baru seperti kepunyaan Xenia, lampu depan sudah otomatis, penyaring udara Nano E, dan head unit baru yang bisa terkoneksi dengan handphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay.

Sementara interior Daihatsu Rocky memberikan kesan commanding melalui posisi dan konsol tengah yang cenderung tinggi. Beberapa keunggulan Daihatsu Rocky termasuk speedometer seluruhnya digital, terdapat aksen-aksen merah-oranye di kursi, serta jumlah cup holder lebih banyak. Head unit yang digunakan sama seperti kepunyaan Sirion.

Satu hal yang membedakan kedua mobil ini adalah ruang bagi penumpang dan pengemudi. Bodi Sirion yang lebih kecil kurang ideal untuk penumpang dengan postur 175 cm, terutama di area kepala yang cukup sempit. Bahkan jarak antar setir dan kaki pengemudi tergolong terbatas.

Sebaliknya Daihatsu Rocky tidak mempunyai masalah pada bagian ini. Bodi yang lebih tinggi memberikan keluasan bagi penumpang, seperti orang berbadan besar dan tinggi.

 

3 dari 3 halaman

Keselamatan dan Performa

Fitur keselamatan Daihatsu Sirion terbaru sedikit lebih lengkap dibanding Daihatsu Rock 1.2 X CVT. Hatchback ini sudah dilengkapi 4 airbags (dasbor dan samping kursi), Hill Start Assist (HSA), Idling Start Stop (ISS), dan Vehicle Stability Control (VSC).

Sementara Daihatsu Rocky mempunyai fitur safety yang sama seperti Sirion, kecuali ISS dan airbags hanya ada 2 di bagian dasbor.

Performa Sirion juga lagi-lagi sedikit lebih unggul. City car andalan Daihatsu ini disematkan mesin 1.300cc dengan semburan tenaga 95 PS dan torsi 119 Nm. Sedangkan Rocky dibenamkan mesin 1.200cc tiga silinder yang menghasilkan power 87 PS dan torsi 113 Nm.

Kedua mobil ini sama-sama menyalurkan tenaga ke roda depan (FWD), melalui transmisi D-CVT.

Ada juga perbedaan setingan di bagian suspensi. Daihatsu Sirion mempunyai kaki-kaki yang lebih stiff, membuat mobil lebih asyik dikendalikan dan meminimalisir body roll. Konsekuensinya, rasa berkendara mobil ini menjadi kurang nyaman.

Sebaliknya Daihatsu Rocky mempunyai suspensi dengan bantingan yang lebih empuk. Ditambah ground clearance tinggi, mobil ini lebih nyaman dibanding Sirion saat melintasi jalan tidak rata. Namun setingan tersebut membuat body roll cukup terasa saat menikung.

Daihatsu Sirion R CVT dibanderol Rp 236,8 juta, sementara Daihatsu Rocky 1.2 X CVT dijual Rp 236,2 juta. Dengan selisih harga hanya Rp 600 ribu, pilih Sirion yang lebih kompak dan sporti atau Rocky yang tinggi dan tall people friendly?

Sumber: Otosia.com