Sukses

Ini Jajaran Direksi Terbaru Astra Daihatsu Motor

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan jajaran direksi terbaru pada 18 Mei 2022. Perombakan ini dilakukan sebagai penyegaran demi mengarungi persaingan pasar yang semakin sengit.

Jajaran direksi baru PT ADM sendiri, antara lain Presiden Direktur Sushi Kyoda yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan. Kemudian, posisi Wakil Presiden Direktur dihuni Erlan Krisnaring.

Selanjutnya, Direktur baru berturut-turut, adalah Eiji Mishima sebagai Direktur Research & Development, Sri Agung Handayani sebagai Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication.

Lalu jabatan Direktur Production Control & Logistic dan Direktur Export Import dipercayakan kepada Takuya Kenzaki  dan Hiroshi Kitagawa sebagai Direktur Karawang Engine Plant.

Salah satu yang baru, terjadi perubahan pada jabatan Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication, kini dipercayakan ke Sri Agung Handayani yang resmi menggantikan Amelia Tjandra yang saat ini telah memasuki masa Purnabakti setelah melalui perjalanan panjang selama 32 tahun berkarya di Daihatsu Indonesia.

Sri Agung Handayani sebelumnya juga memiliki pengalaman di dunia otomotif. Wanita yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Astra Life ini, juga pernah berkarya cukup panjang di PT Toyota Astra Motor (TAM).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Daihatsu Mampu Pertahankan Posisi di Tengah Lesunya Pasar Otomotif Selama April 2022

Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) resmi berakhir April 2022. Hal tersebut, tentunya berdampak kepada pasar otomotif nasional, yang mengalami koresi pada April lalu sekitar 9 persen dibandingkan Maret 2022.

Pada bulan lalu, penjualan mobil secara ritel sekitar 81 ribu unit. Angka tersebut turun dibandingkan Maret 2022 yang mencatatkan angka sebanyak 89 ribu unit.

Sedangkan dilihat dari periode yang sama tahun lalu, kenaikan penjualan ritel atau dari diler ke konsumen sebanyak 24 persen. Pada April 2022 berhasil terkirim sebanyak 320 ribu unit dibandingkan April 2021 yang hanya 257 ribu unit.

Dari segi penjualan merek Daihatsu, pabrikan asal Jepang ini tetap mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel hingga April 2022 sebanyak lebih dari 62 ribu unit, atau naik 41,8 persen dibanding April 2021.

Dari sisi market share, Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2,4 persen menjadi 19,5 persen dari April 2022 dengan April 2021 sebesar 17,1 persen, dan menjadi kenaikan market share tertinggi di antara brand lain pada periode ini.

Sementara dalam hal penjualan bulanan, segmen LCGC yang masih didukung oleh Diskon PPnBM DTP LCGC berdampak sangat positif terhadap Daihatsu.

Tercatat pada bulan April 2022, penjualan LCGC Daihatsu secara total (Ayla & Sigra) mencapai 5.428 unit, atau naik 13 persen dibandingkan Maret 2022 sebanyak 4.811 unit.