Sukses

Tak Kenal Maka Tak Sayang, Begini Cara Kerja Mesin Motor 4 Tak

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor sangat membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mobilitas. Bagi Anda pengguna sepeda motor, tak ada salahnya mengenal cara kerja mesin yang mendukung kegiatan sehari-hari Anda.

Motor sendiri terbagi menjadi dua varian, yaitu 2 tak dan 4 tak. Tentunya, Otolovers pasti bertanya-tanya bagaimana kendaraan tersebut bekerja untuk memanjakan masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara kerja motor 4 tak.

Cara Kerja Motor 4 Tak

1. Cara kerja pertama adalah ketika katup inlet terbuka dan pergerakan piston dimulai dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Kondisi ini mengakibatkan tekanan pada ruangan pembakaran menjadi vakum yang menyebabkan udara masuk ke dalam ruang pembakaran.

2. Kemudian di tahap kedua ini, saat katup inlet tertutup dan menyebabkan langkah kompresi, lalu piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Dalam tahapan ini membuat bahan bakar dan campuran udara dibekukan. Akibatnya temperatur meningkat karena adanya tekanan yang melonjak.

3. Tahapan ketiga adalah langkah yang terjadi setelah busi memancing api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga memunculkan adanya ledakan di ruang bakar. Kejadian ini menyebabkan piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB).

4. Cara kerja terakhir adalah tahap pembuangan, yang terjadi saat katup outlet terbuka dan piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Kondisi ini akan menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust.

Demikian, cara kerja dari mesin motor 4 tak yang dapat Otolovers ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi Otolovers semuanya.

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ada Angkutan Mudik Gratis untuk motor, tapi Orangnya Tetap Bayar

Menyambut lebaran tahun 2022, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan angkutan mudik gratis khusus untuk kendaraan motor. Cukup penumpangnya saja yang bayar, sementara kendaraannya bisa diangkut gratis hingga tujuan ke daerah mudik

“Sepeda motor kita tahu kalau perjalanan panjang dari Jakarta-Semarang, Jakarta- Surabaya sangat melelahkan dan dalam pengalaman kita banyak kejadian kejadian kecelakaan. Kita menghimbau seyogyanya jangan menggunakan motor kalau mudik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Pengaturan Lalu Lintas selama Angkutan Lebaran Tahun 2022, Rabu (13/4/2022).

Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, Kemenhub menyediakan angkutan gratis untuk kendaraan bermotor, misalnya untuk penumpang kereta api yang hendak membawa motor, disediakan gerbong gratis khusus motor.

Begitupun, bagi pemudik jalur laut juga disediakan tempat untuk kendaraan motornya dan tak perlu bayar alias gratis. Lalu, juga disediakan truk untuk mengangkut motor pemudik yang menggunakan bis.

“Insyaallah ini bisa membantu. Jadi, orang yang bayar tapi motornya gratis,” ujar Menhub.

Sejalan dengan itu, Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Korlantas Polri akan melaksanakan penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Pengaturan Lalu Lintas selama Angkutan Lebaran Tahun 2022.