Sukses

PLN Gandeng Swasta untuk Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, dimanfaatkan oleh PLN untuk melakukan kerja sama dengan pihak swasta dalam mengembangkan infratstruktur kendaraan listrik.

Dalam hal ini, Perusahaan Listrik Negara tersebut menggandeng PT Grab Indonesia, untuk menghadirkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk mendukung kehadiran ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Doddy B Pangaribuan, selaku General Manager PLN UID Jakarta Raya, mengapresiasi langkah kolaborasi dengan perusahaan swasta tersebut karena ini merupakan langkah yang juga akan ditempuh pemerintah untuk menyongsong Carbon Neutral pada 2060.

“Sejumlah kemitraan terus kami jalankan, salah satunya dengan Grab. Kolaborasi ini aksi nyata untuk mendukung peta jalan kendaraan listrik yang telah diluncurkan oleh pemerintah,” ujar Doddy.

Sebelumnya, kolaborasi dua perusahaan tesebut juga telah dilangsungkan di Bali untuk menempatkan tujuh kabinet SPBKLU di tujuh lokasi.

Adapun kehadiran infrastruktur tersebut juga merupakan komitmen bersama untuk mendukung langkah pemerintah dalam mempercepat kendaraan listrik serta mengurangi emisi gas buang.

“Kami sudah membangun SPKLU dan SPBKLU yang ingin memfasilitasi pengisian listrik di luar rumah. Meski memang 85 persen pengisian di rumah. Di sini memang perlu kita mendukung infrastruktur pengisian charging maupun penukaran baterai seperti hari ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik,” ujar Doddy.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Menteri Airlangga Test Drive Kijang Innova Listrik

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022, resmi bergulir, Kamis (31/3/2022) hingga Minggu (10/3/2022). Selama 11 hari, berbagai pabrikan mobil dan motor pamer berbagai teknologi otomotif terbarunya.

Pada hari pertama saja, pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat ini sudah digemparkan dengan kemunculan mobil konsep listrik Toyota. Disebut sebagai Kijang Innova BEV (battery electric vehicle) concept study car, pertama di Indonesia.

Bahkan, setelah prosesi pembukaan IIMS 2022, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sempat menjajal mobil yang masih terus dikembangkan oleh raksasa otomotif asal Jepang ini di Indonesia.

Proyek studi ini memilih utilisasi Toyota Kijang Innova yang telah dikenal sebagai mobil keluarga legendaris Indonesia yang telah memiliki kandungan lokal tinggi.

Proyek Kijang Innova BEV concept study car juga bertujuan untuk mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.