Sukses

Bikin Perjalanan Tetap Nyaman, Begini Cara Kerja AC Mobil

Pengguna mobil tentu saja tidak bisa terlepas dari fitur AC atau air conditioner. Kehadiran penyejuk udara ini membuat kabin terasa nyaman meskipun di tengah teriknya matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna mobil tentu saja tidak bisa terlepas dari fitur AC atau air conditioner. Kehadiran penyejuk udara ini membuat kabin terasa nyaman meskipun di tengah teriknya matahari.

Jika kendaraan tidak dilengkapi oleh AC, tentunya para penumpang akan merasa kepanasan dan tidak nyaman. Nah, dengan tugasnya yang mendinginkan, AC dilengkapi dengan beberapa bagian agar dapat bekerja dengan optimal.

Beberapa bagian yang dimaksud meliputi kompresor, kondensor, Receiver Dryer, Expansion Valve, dan juga Evaporator . Bagian-bagian tersebut memiliki cara kerja masing-masing. Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, berikut cara kerja AC mobil.

Kompresor Memompa Freon

Kompresor merupakan bagian pertama yang akan bekerja ketika ac dinyalakan. Kompresor memiliki tugas untuk memompa freon yang masih dalam bentuk gas. Kekuatan dari mesin kompresor berfungsi untuk menentukan seberapa dingin kabin karena ac. 

Kompresor akan memompa gas freon menuju kondensor ac sehingga menjadi bentuk cairan dengan tekanan yang sangat tinggi hingga suhunya mencapai 100 derajat celcius. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Freon Cair Melewati Receiver Dryer

Ketika berbentuk gas, cairan freon biasanya masih mengandung banyak kotoran, sehingga perlu dilakukan tahap penyaringan. Setelah freon berbentuk cairan yang dihasilkan dari kondensor ac, selanjutnya akan dialirkan pada receiver dryer. 

Proses filterisasi ini sangat penting untuk dilakukan, karena penyaringan cairan berfungsi supaya kotoran yang terbawa tidak mengganggu mesin pendingin dan uap dingin yang keluar tidak mengandung kotoran. 

 

3 dari 5 halaman

Perubahan Freon Cair Menjadi Uap

Tahap selanjutnya adalah pengubahan freon cair agar menjadi gas yang dingin, tahap ini terjadi dengan melewati katup ekspansi. Dimana cairan dengan tekanan tinggi akan melewati jalur yang sempit.

Di bagian ekspansi valve cairan freon akan mengalami perubahan menjadi kabut atau uap dengan tekanan lebih rendah. Fungsi katup ekspansi ini tidak hanya mengubah cairan menjadi gas, namun juga dapat mendinginkan temperaturnya. 

Proses yang dilakukan adalah menggunakan tekanan yang secara otomatis turun, sehingga menyebabkan suhu uap menjadi dingin. 

 

4 dari 5 halaman

Uap Dialirkan Pada Evaporator

Tahapan terakhir adalah dialirkannya gas yang memiliki temperatur dingin pada komponen evaporator. Tahap ini akan menyebabkan hawa menjadi dingin dan sejuk. Hal ini tak lain disebabkan oleh adanya sekat atau kisi-kisi pada evaporator yang menyaring hawa panas sehingga menjadi sejuk. 

Demikian, tahapan-tahapan kerja ac yang dapat Otolovers ketahui, agar ac tetap terjaga sejuk dan tidak muda rusak, sebaiknya Otolovers harus rajin untuk membersihkan secara berkala sehingga ac akan tetap sejuk dengan baik.  

Penulis: Dien Muhammad Abizard

Sumber: Otosia.com

 

 

5 dari 5 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.