Sukses

Volvo Luncurkan Aplikasi Cerdas untuk Mengintip Spesifikasi Mobil

Dampak dibatalkannya beberapa pameran otomotif lantaran wabah pandemi covid-19, membuat Volvo terpaksa memutar otak untuk tetap menghadirkan layanan pemasaran mereka kepada konsumen melalui format digital.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak dibatalkannya beberapa pameran otomotif lantaran wabah pandemi covid-19, membuat Volvo terpaksa memutar otak untuk tetap menghadirkan layanan pemasaran mereka kepada konsumen melalui format digital.

Dalam hal ini, produsen otomotif asal Swedia ini telah merilis sebuah aplikasi baru yang bisa digunakan oleh konsumen untuk mengetahui model Volvo tertentu hanya dengan memotretnya.

"Pambatalan Brussels Motorshow merupakan tantangan komersial, tetapi alat ini ternyata menjadi solusi hebat yang juga cocok dengan evolusi yang kami buat menuju penjualan online," jelas Colin Vermoesen, Pemasaran Komersial dan Manajer Bisnis Volvo.

Melalui Volvo Street Configurator ini, mereka yang penasaran dengan mobil Volvo cukup memotretnya dan seketika mesin pencari dari aplikasi tersebut akan menginformasikan kepada pengguna aplikasi tentang semua spesifikasi dari model tersebut.

Langkah tersebut pun mendapat apresiasi dari pengembang aplikasi tersebut, di mana menurut Peter Ape, perwakilan dari agensi Famous Grey, menjelaskan ini adalah sebuah langkah brilian di mana ide kreatif dari Volvo dapat dituangkan ke dalam teknologi terkini.

"Volvo Street Configurator adalah contoh yang bagus tentang bagaimana pemikiran kreatif yang dikombinasikan dengan teknologi dapat memecahkan masalah bisnis. Sejak kami meluncurkan aplikasi, saya telah mengetehui setiap Volvo yang ada di jalan. Saya harap ini memiliki efek yang sama pada konsumen," ujar Peter Ape.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Aplikasi Pintar Tersebut

Mengintip cara kerjanya, ketika pengguna aplikasi tersebut memotret mobil Volvo nantinya teknologi Aritificial Intelligence AI) akan mengolahnya dan membandingkan foto tersebut dengan basis data informasi yang telah ditanamkan pada aplikasi tersebut.

Sebagai hasilnya, mereka akan mendapatkan beberapa spesifikasi terkait model yang difoto mulai dari model, warna dan berapa trim yang ditawarkan untuk konsumen setempat.

Meskipun saat ini aplikasi tersebut hanya dirilis sebatas konsumen di Belgia, namun, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan segera dirilis untuk konsumen di luar wilayah tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Misi di Balik Permintaan Luhut ke Anies

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini