Sukses

Begini Cara Memperlakukan Motor yang Lama Ditinggal Liburan

Libur tahun baru 2022 masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Dihimbau, masyarakat untuk tetap di rumah saja, dan tidak melakukan perjalanan jauh

Liputan6.com, Jakarta - Libur tahun baru 2022 masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Masyarakat diimbau untuk tetap di rumah saja, dan tidak melakukan perjalanan jauh untuk menghabiskan waktu libur di suatu tempat, baik menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Dengan begitu, motor sudah pasti akan jarang digunakan. Supaya mesin dan performa kuda besi tetap terjaga meskipun lebih sering terparkir di garasi, berikut tips perawatannya dari Yamaha Bali:

1. Sesekali Panaskan Mesin Motor

Motor harus selalu rutin dipanaskan agar gerak mesinnya selalu terjaga kelancarannya. Dan tak hanya itu saja, memanaskan mesin juga akan memicu pelumas untuk selalu melapisi semua bagian komponen mesin di setiap sela dan sisi. Jika dibiarkan mati terus menerus, pelumas atau olinya itu akan mengendap.

Pemanasan ini tak perlu lama-lama. Di pagi hari selama kurang lebih tiga hingga lima menit saja juga sudah cukup.

2. Selalu cek Bagian Rantainya

Selain mesin, hal yang harus Anda perhatikan lainnya adalah bagian rantai motor. Sebab bagian ini sangat mudah sekali karatan apalagi jika motor jarang digunakan seperti di saat sekarang.

Untuk menghindarinya, rantai motor Anda keadaannya harus selalu seperti biasa. Tidak kendor dan juga tidak basah karena air. Jika terlihat kering, segera lapisi dengan pelumas, supaya korosi pada rantai bisa dicegah.

3. Saat Akan Digunakan, Jangan Lupa untuk Menguras Tangki Bahan Bakarnya

Saat Anda akan menggunakan motor matic Anda, setelah sekian lama didiamkan, yang perlu Anda lakukan adalah menguras tangki bahan bakarnya. Hal ini dilakukan supaya endapan bensin basi yang ada di dalam tangki bisa dicegah dan dihindarkan.

Akan sangat bahaya jika keadaan ini terjadi. Fuel pump pada tangki motor Anda kemungkinan besar akan mengalami kerusakan. Akhirnya, kerja mesin menjadi menurun dan performa motor pun ikutan menurun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Jangan Lupa untuk Mencabut Aki dan Memastikan Tidak Ada Kabel yang Tersambung

Jika Anda berencana untuk tidak menggunakan motor matic Anda dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda mencabut aki yang ada pada motor Anda tersebut.

Sebagaimana Anda tahu, aki punya fungsi yang penting yaitu sebagai sumber listrik yang akan digunakan motor untuk bekerja. Nah jika dicabut, aliran listrik di dalam motor akan mati.

Tak hanya itu saja. Saat akan mendiamkan motor dalam jangka waktu yang lama, pastikan juga tak ada kabel yang masih terhubung.

Sebab jika masih ada yang terhubung, listrik masih mengalir. Memang sih tidak akan berbahaya. Hal ini hanya akan membuat aki soak, karena daya listriknya terbuang percuma.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini