Sukses

Yamaha Indonesia Belum Minat Hadirkan Pesaing Honda CB150X

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto menyebut jika Honda CB150X adalah motor yang bagus. "Nice bike," ungkapnya saat ditemui di Sentul, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sayang dia enggan berkomentar lebih jauh soal peta persaingan ke depan setelah lahirnya CB150X, termasuk peluang Yamaha menghadirkan produk sejenis.

Dia hanya menjelaskan jika perusahaan tetap fokus dengan produk serta model yang sudah ditetaskan.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Manager Public Relations, YRA and Community PT YIMM Antonius Widiantoro mengungkapkan kehadiran produk baru di segmen sport adalah hal yang baik yang tujuannya untuk menstimulasi pasar.

Namun terkait produk yang sejenis dengan CB150X, saat ini Yamaha Indonesia belum memiliki rencana meluncurkannya.

"Tapi Yamaha juga konsisten bukan hanya di segmen matik, kita terus mengembangkan produk sport. Tentu kita melihat marketnya, pasar berkembang di mana dan yang kita fokuskan adalah apa yang kita lihat di situ ada marketnya. Dari sisi produk sendiri, kita lengkap dari R-Series, MT-Series, WR, dan XSR itu punya demand semua," kata Anton lewat sambungan telepon, beberapa waktu lalu.

Soal Honda mengklaim CB150X jadi satu-satunya produk yang ada, Anton sedikit mengomentari. Menurutnya secara produk Yamaha justri paling lengkap menyajikan segmen motor ke konsumen.

"Kita bisa bilang juga, jika mereka sebut itu (CB150X) satu-satunya. Kita justru lebih komplit, semuanya ada mau yang naked, fairing, sport-heritage, atau off-road konsumen tinggal memilih sesuai karakter dan keinginannya. Mungkin sebelah (Honda) melihat peluang di sana, ya sah-sah saja artinya membuka market baru," tambahnya.

Bila ditanya apakah Yamaha punya produk untuk melawan CB150X secara global? Jawabannya bisa dibilang ada.

Yamaha Brasil belum lama ini meluncurkan Crosser 150 dengan tongkrongan adventure touring. Memang bentuk tubuhnya tak se-sporty CB150X namun keduanya layak disandingkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tentang Yamaha Crosser 150

Crosser 150 mengusung DNA motor petualang yang kental namun bisa diandalkan untuk mobilitas harian dengan konstruksi yang diusungnya. Motor ini hadir dalam 2 varian yakni Crosser 150 S ABS dan Crosser 150 Z ABS.

Soal tampilannya, Yamaha Crosser 150 tampak tinggi dan kokoh dengan bodi yang minimalis. Sementara varian Z terasa lebih gagah berkat spakbor depan model paruh burung yang lebih panjang.

Rangkanya menggendong mesin berkubikasi 149 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin cairan, dan sudah berpengabut injeksi.

Dari lembar spesifikasi, motor ini mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 12,2 daya kuda dan torsi puncak di 12,74 Nm. Output tersebut disalurkan langsung lewat roda belakang dengan sistem transmisi 5-percepatan.

Motor ini punya berat total sampai 134 kilogram, tinggi jok 845 mm, dengan pengaplikasian velg ukuran belang 19 inci di depan dan 17 inci di belakang.

Kesan petualangnya makin kental berkat penggunaan pelek model jari-jari dengan balutan ban dari Metzeler Tourance. Dan terkait fitur, motor ini sudah dibekali dengan pengereman ABS di depan namun soal teknologi lain masih terbilang sederhana.

Di pasar Brasil, Yamaha Crosser 150 diniagakan dengan banderol 15.590 real atau setara Rp 38,7 juta untuk varian S ABS dan 15.790 real atau Rp 39,2 juta untuk varian Z ABS.

Kira-kira menurut Anda apakah motor ini sanggup melawan Honda CB150X atau Yamaha Indonesia perlu membuat produk baru yang lebih sporty?

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru