Sukses

Perubahan Mobil Formula 1 2022, Lebih Simple Namun Sarat Aerodinamika

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap Formula 1 sudah mengumumkan perihal mobil yang akan digunakan untuk musim balap 2022 mendatang. Peluncuran mobil F1 terbaru ini dilangsungkan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada Kamis (15/7/2021).

Perubahan yang diadopsikan pada mobil F1 ini begitu drastis. Pasalnya, jika dibandingkan dengan model 2021, ubahan yang diberikan begitu dominan. Hal tersebut meliputi bagian depan, samping dan belakang.

Mobil Formula 1 2022 dirombak secara besar-besaran dan menampilkan desain baru.

Di samping itu, dari sisi dimensi yang dihadirkan juga terlihat lebih panjang di bagian depannya. Hal ini disebabkan lantaran sayap depan mobil dibuat dengan melengkung dan lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Bicara menganai sayap depannya, kisi-kisi pada mobil F1 baru ini hadir dengan lebih simple.

Tidak seperti model 2021, di mana penggunaan kisi-kisi yang dihadirkan mengusung desain yang simple dan lebih menyatu antar bagiannya.

Bukan hanya bentuk saja yang mengalami perubahan, tetapi untuk bobot yang dihadirkan juga lebih berat dari versi sebelumnya. Mobil F1 baru ini memiliki bobot yang lebih berisi.

Berdasarkan informasi resminya, generasi baru ini memiliki bobot 790 kg, di mana mobil lama hanya 752 kg.

2 dari 3 halaman

Perubahan Drastis pada Model Formula 1 2022

Selain dari bodywork, perubahan lain yang juga disematkan pada mobil baru ini adalah dimensi ban yang lebih besar. Sebelumnya, ukuran ban yang digunakan adalah dengan diamater 13 inci.

Sedangkan pada mobil baru ini, ukuran yang digunakan meningkat dengan menggunakan ukuran 18 inci. Dengan perubahan tersebut, profil ban juga mengalami perubahan dengan profil yang lebih tipis.

Sementara bagian belakangnya, mobil baru Formula 1 ini dihadirkan dengan bentuk yang lebih modern.

Menurut informasi resmi yang dirilis oleh Formula 1, secara visual memang sayap belakang ini terlihat berbeda.

Desain baru ini secara khusus dihadirkan untuk menarik rancang bangun aerodinamika mobil ke atas dan aliran angin yang keluar lebih bersih.

Dengan desain baru tersebut, sayap belakang mobil 2022 tetap menghadirkan retensi dari flap belakang Drag Reduction System (DRS).

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Sepekan PPKM Darurat.